Pilkada Surabaya 2015

Risma Termiskin di antara Calon Kepala Daerah Lain

Amaluddin    •    Kamis, 12 Nov 2015 20:45 WIB
pilkada serentak
Risma Termiskin di antara Calon Kepala Daerah Lain
Calon Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Foto: Metrotvnews.com/Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Calon Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memiliki kekayaan paling rendah dibandingkan rivalnya, Rasiyo. Bahkan, kekayaannya juga jauh dibandingkan dengan tandemnya, Wishnu Bakti Buana. Termasuk dengan pasangan Rasiyo, Lucy Kurniasari.

Dalam catatan dokumen Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Risma memiliki kekayaan Rp1,8 miliar, Whisnu Rp20,5 miliar, Rp7,7 miliar, dan Lucy Rp12 miliar.

Mantan wali kota Surabaya itu menyebut harta kekayaannya ini berasal dari uang tabungan, nilai rumah, dan kendaraan. "Kekayaan saya memang segitu, dan itu riil tidak ditutup-tutupi," kata Risma, dalam pembacaan LHKPN di sela-sela deklarasi pemilu berintegritas yang digelar di Auditorium Rektorat Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Kamis (12/11/2015).

Menurut Risma, masyarakat Surabaya tidak akan terkejut dengan kekayaan yang dimiliknya. Sebab, Risma mengaku selalu melaporkan harta kekayaannya baik saat menjadi calon wali kota atau saat menjadi pejabat dan menjadi Wali Kota Surabaya.

"Ini adalah bentuk tanggung jawab moral pejabat negara, jadi saya harus terbuka untuk publik. Meski harta saya sedikit, saya juga tidak malu. Ngapain malu," katanya. 

Sebagai yang paling kaya, Whisnu mengaku harta sebesar Rp20,5 miliar itu sebagian besar adalah kekayaan warisan dari orang tuanya. "Itu harta warisan, makanya nilainya besar," kata Whisnu. 

Sementara itu, harta kekayaan Rasiyo, dalam laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) disebutkan sebesar Rp7,7 miliar. Sementara wakilnya, Lucy Kurniasari, tercatat lebih tinggi, yaitu lebih dari Rp12 miliar. Sayangnya, calon penantang Risma-Whisnu ini langsung bergegas pergi saat hendak ditanya harta mereka.

Sementara itu, dari puluhan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di Jawa Timur, calon terkaya adalah calon bupati petahana Kabupaten Tuban, Fathul Huda, dengan nilai kekayaan Rp82 miliar. Sedangkan calon kepala daerah dengan nilai kekayaan terendah adalah calon wakil wali kota Pasuruan, Agus Wibowo, dengan kekayaan Rp10 juta.


(UWA)