Catatan Alex Yoong

Analisa & Prediksi Alex Yoong Jelang GP Brasil

   •    Jumat, 13 Nov 2015 10:57 WIB
f1
Analisa & Prediksi Alex Yoong Jelang GP Brasil
Alex Yoong (Foto: FOX Sport)

Metrotvnews.com, Sao Paulo: GP Brasil yang diselenggarakan di pinggiran kota Sao Paulo selalu menawarkan balapan yang menarik. Dalam catatan sejarah ini adalah babak menjelang akhir musim, di mana kita telah melihat banyak penentu gelar di sini, tapi tidak untuk tahun ini, karena Lewis Hamilton sudah meraih gelar juara.

Sirkuit Interlagos yang karismatik adalah trek yang arahnya berlawanan dengan arah jarum jam dengan beberapa perubahan ketinggian yang baik. Trek lurus di awal tidak benar-benar lurus dan muncul trek curam dari tikungan terakhir sebelum menuju turunan ke putaran pertama. Dengan jarak dari tikungan terakhir ke tikungan awal yang cukup panjang dan zona DRS, Anda akan sering melihat para pembalap saling menyalip sepanjang putaran pertama. Bagaimanapun lengkungan alami yang curam di braking zone bisa berarti sangat sulit.

Selebihnya, trek ini terdiri dari tikungan lambat dan medium (dengan putaran 6 yang menjadi satu-satunya trek yang cepat), yang artinya Anda membutuhkan mobil dengan downforce dan cengkraman mekanis yang baik. Dulu trek ini sangat bergelombang –tapi setelah permukaannya dilapisi kembali, hal ini tidak jadi masalah lagi.

Walaupun ini adalah trek di mana Mercedes dapat meraih keuntungan yang biasa mereka peroleh, beberapa orang sudah melabeli balapan ini menjadi salah satu [balapan], dimana Ferrari bisa sedikit lebih dekat dari biasanya. Apabila ini adalah balapan yang “panas” maka ini akan menjadi salah satu [balapan] yang dapat mereka manfaatkan untuk menang. Penggunaan ban diperkirakan akan sedikit lebih tinggi, sebagaimana ini adalah trek yang menempatkan energi lebih pada ban. Kita akan melihat dua atau tiga strategi pit stop selama balapan.

Red Bull Racing akan mencoba mesin Renault baru pekan ini bersama Daniel Ricciardo. Walaupun dia masih harus menjalani hukuman, hal ini menunjukkan cairnya hubungan mereka dengan unit pemasok daya Perancis mereka. Diperolehnya kesempatan untuk mencoba mesin baru akan membantu Renault dengan perkembangannya dan dengan tidak adanya jalan lain yang tersedia bagi mereka, ini benar-benar menjadi kepentingan Red Bull Racing untuk mencoba dan melihat apakah Renault akan memasok mereka tahun depan. Beberapa bulan yang lalu, siapa yang terpikir bahwa ini bisa terjadi–seperti gesekan diantara mereka? Ini benar-benar menunjukkan bagaimana cepatnya hal-hal dapat berbalik di F1.

Honda adalah pemasok mesin lainnya yang akan puas dengan cara upgrade terbaru mereka yang telah membantu, bersamaan dengan Alonso yang baru-baru ini bahkan mengatakan bahwa sangat disayangkan musim ini akan segera berakhir. Setelah menjalani musim berat ini, Anda akan berpikir bahwa ini adalah hal yang aneh untuk dikatakan, tapi ini adalah indikasi yang baik dimana McLaren Honda akhirnya membuat beberapa kemajuan.

Tahun lalu, Nico Rosberg mendominasi balapan ini. Berdasarkan fakta, pemenang pada balapan yang lalu di Meksiko, dia akan memulainya sebagai favorit di pekan ini dan kemungkinan menjadi yang pertama kali tahun ini. Rekannya, Lewis Hamilton juga sedang berada dalam kondisi tidak baik, di mana hal tersebut akan menguntungkan pihak Rosberg.

Apapun yang terjadi, Interlagos biasanya selalu memberikan balapan yang menarik, terlebih apabila terjadi hujan pada akhir pekan ini. Dimana ada hujan, kita akan mendapatkan balapan yang epik.


(PAT)