Baru Sehari, Subaru Challenge Tumbangkan 119 Orang

   •    Minggu, 27 Oct 2013 10:36 WIB
Baru Sehari, Subaru Challenge Tumbangkan 119 Orang
www.todayonline.com

PERGELARAN Subaru Challenge 2013 di pelataran Ngee Ann City Plaza, Singapura, baru lewat sehari. Tapi sudah hampir 30% dari 400 peserta yang hadir dari 10 negara Asia telah tumbang.

Berdasarkan data resmi terakhir yang diterima Media Indonesia pada Sabtu (26/10) malam waktu setempat, 119 orang telah keok. Sebanyak 113 orang yang gugur adalah peserta dari negara tuan rumah, Singapura. Wakil tim Indonesia sendiri telah kehilangan 3 dari 10 punggawanya.

Subaru Challenge merupakan kontes tahunan pabrikan asal Jepang tersebut. Kompetisi yang telah memasuki edisi ke-12 itu menguji daya tahan para peserta untuk terus menyentuh mobil Subaru Impreza dengan satu telapak tangan tanpa boleh menyender atau berpangku tangan pada mobil, apalagi tidur.

Para partisipan hanya diberi waktu istirahat lima menit setiap enam jam sekali yang dapat digunakan untuk makan, minum, pergi ke toilet, atau mendapatkan pijatan.

Subaru Challenge 2013 sendiri diikuti 310 peserta dari Singapura serta 90 orang dari 9 negara yakni Indonesia, Filipina, Thailand, Malaysia, Kamboja, Vietnam, Hong Kong, Taiwan, hingga China. Mereka menyentuh 10 unit Subaru Impreza yang telah disediakan.

Hadiah utamanya lomba yang diselenggarakan selama empat hari itu ialah sebuah mobil Subaru, yakni antara Forester 2.0i Premium (jika pemenang datang dari Singapura), XV 2.0i (Kamboja, China, Hongkong, Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam), BRZ 2.0 (China, Taiwan).

"Tahun ini kami berharap dapat memecahkan rekor waktu terlama," kata Direktur Eksekutif Than Cong International Glenn Tan, kemarin.

Rekor itu sendiri dipegang oleh jawara Subaru Challenge 2008 silam yaitu George Lee dengan waktu 81 jam 32 menit.

Hari perdana Subaru Challenge 2013 kemarin diwarnai panas terik dan hujan deras. Lomba ketahanan tubuh ini dimulai pkl 13.00 waktu setempat dengan suhu 31 derajat celcius. Sore harinya hujan deras sempat menyapa selama setengah jam, sejak pkl 18.30-19.00.

Kita lihat, siapa yang paling kuat di Subaru Palm Challenge tahun ini. (Insan Akbar Krisnamusi)