Dini Hari, Air Kiriman Katulampa Mulai Genangi Jakarta

Arga sumantri    •    Senin, 16 Nov 2015 03:39 WIB
banjir
Dini Hari, Air Kiriman Katulampa Mulai Genangi Jakarta
Banjir di Jalan Raya Bogor, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (16/11/2015) dini hari. Foto: @BPBDJakarta.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah titik di Jakarta, khususnya kawasan bantaran Sungai Ciliwung mulai tergenang air. Ketinggiannya bervariasi, mulai dari 20 - 60 sentimeter.

Genangan terjadi akibat kiriman air dari Katulampa, Bogor, yang mencapai level siaga 1, Minggu 15 November malam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melansir wilayah yang kena dampak banjir kiriman hingga dini hari ini ada di daerah Rawajati, Jakarta Selatan dan Kramat Jati, Jakarta Timur.

Air di kawasan Rawajati bahkan dilaporkan mulai masuk ke rumah warga. Air mulai menggenang di Rawajati sekira pukul 02.00 WIB.

Sementara, di Kramat Jati, genangan air terjadi di Jalan Raya Bogor. Air menggenang di kawasan itu tingginya mencapai 60 sentimeter. Tanggul kali Hex, Kramat jati yang jebol, jadi penyebab air menggenang ruas Jalan Raya Bogor.

Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalop) BPBD DKI Jakarta mengatakan banjir yang terjadi di dua wilayah itu terjadi akibat air kiriman dari Katulampa. Warga pun diminta tak terlalu khawatir. Sebab, genangan air diprediksi bakal cepat surut.

"Ini kiriman murni. Hujan hari ini berdasarkan prediksi BMKG juga sedang. Depok yang tadi mau Siaga I, sekarang sudah Siaga IV. Diprediksi terus menyusut, enggak lama," kata Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalop) BPBD DKI Jakarta Adi Setyo Purno, saat dikonfirmasi wartawan, Senin (16/11/2015).

Bendung Katulampa, Bogor mencapai level siaga 1, Minggu 15 November. Ketinggian air di Katulampa tercatat mencapai 210 sentimeter pada pukul 19.00 WIB.

Air kiriman Katulampa pun diprediksi bakal membuat tinggi muka air di sejumlah pintu air Jakarta meninggi. Lama waktu air mengalir dari Katulampa ke Jakarta biasanya enam hingga sembilan jam.


(AZF)