Jalan Alternatif Kendal-Ungaran Nyaris Putus

Iswahyudi    •    Senin, 16 Nov 2015 20:07 WIB
longsor
Jalan Alternatif Kendal-Ungaran Nyaris Putus
Seorang warga menunjukkan longsor yang nyaris memutuskan jalur alternatif Kendal-Ungaran, MTVN - Iswahyudi

Metrotvnews, Kendal: Jalan alternatif yang menghubungkan Kendal dengan Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, nyaris putus. Itu terjadi karena longsor di area pembangunan tiang pancang jalan di Desa Magelung, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kendal.

Dari pantauan Metrotvnews.com, Senin 16 November, hujan yang mengguyur tiga hari lalu mengikis tanah tebing di Desa Magelung. Di saat bersamaan, CV Indra Patra tengah mengeruk tanah tebing untuk memancangkan tiang pondasi penahan longsor.

Mobil kesulitan melintas lantaran jalur yang bisa dilewati mepet dengan tebing. Sehingga pengendara harus berhati-hati agar tidak terperosok ke tebing.

Kirun, warga setempat, mengatakan longsor terjadi tiga hari lalu setelah hujan. Jalan lebih mengkhawatirkan di malam hari karena lokasi berada di pinggir hutan dan tidak ada lampu penerangan jalan.

"Jika hujan, jalannya licin. Luas jalan yang dilintasi pun semakin sempit," kata Haris, sopir angkutan umum Kaliwungu-Boja.

Di lain tempat, Kepala Dinas Binamarga dan ESDM Kabupaten Kendal Agung Setiawan mengakui biaya pembangunan tiang pondasi di Desa Magelung bersumber dari APBD 2015. Proyek itu memakan anggaran Rp835.373.000. Proyek harus rampung pada 8 Desember 2015.


(RRN)