7 RT di Kapuk Muara Tergenang

Damar Iradat    •    Senin, 16 Nov 2015 21:32 WIB
banjir jakarta
7 RT di Kapuk Muara Tergenang
Ilustrasi banjir di Kapuk Muara. MI/Immanuel Antonius.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak tujuh RT di RW 01 Kelurahan Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, tergenang, Senin (16/11/2015). Genangan diduga berasal dari tingginya curah hujan dan tingginya kiriman air dari Bogor.

Seperti dilansir Berita Jakarta, ketinggian genangan berkisar 40 sentimeter, Genangan menyebabkan aktivitas warga setempat terhambat.

Salah seorang warga, Isyana (39) mengungkapkan, genangan mulai terjadi dini hari tadi. Saat itu, ia dan keluarga tengah tertidur. "Jamnya saya kurang tahu. Saya bangun, airnya sudah sampai selutut," kata Isyana, Senin (16/11/2015).

Camat Penjaringan, Yani Wahyu Purwoko membenarkan adanya genangan di Kelurahan Kapuk Muara. Menurut dia, genangan terjadi akibat kiriman air dari kawasan Bogor.

"Itu bukan banjir, genangan. Karena kiriman dan air rob (air pasang dari laut)," kata Yani.

Menurut Yani, lokasi tersebut mudah tergenang lantaran dinding Kali Angke masih banyak titik yang belum dipasangi turap. Selain itu, kali juga belum dikeruk.

Genangan yang terjadi ini diharapkan bisa jadi evaluasi pihak kelurahan. Ia ingin, instansi yang menangani kali segera melakukan pengerukan sebelum curah hujan kembali meningkat.


(DRI)