OJK Bentuk Satgas Dorong LJK Terapkan GCG

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 17 Nov 2015 14:37 WIB
ojkkeuanganjasa keuangan
OJK Bentuk Satgas Dorong LJK Terapkan GCG
Ketua DK-OJK Muliaman D Hadad (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana membentuk satuan tugas (satgas) guna mendorong penerapan prinsip tata kelola keuangan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) bagi Lembaga Jasa Keuangan (LJK) di Indonesia. Dengan begitu, LJK di Indonesia bisa bersaing menjadi perusahaan dengan penerapan prinsip GCG terbaik di ASEAN.

"‎Nanti akan ada satgas khusus yang dikoordinir OJK dengan melibatkan para ahli dan beberapa perusahaan yang kita harapkan unggul di ASEAN," ujar Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad, di Museum Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (17/11/2015).

Dirinya menambahkan, dari 50 perusahaan di ASEAN dengan penerapan prinsip GCG terbaik, hanya terdapat dua perusahaan perbankan asal Indonesia yang masuk kategori tersebut. Kedua perbankan itu adalah PT Bank Danamon Indonesia Tbk‎ (Bank Danamon) dan PT CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga).

"Sekarang penghargaan pada tingkat ASEAN itu diberikan kepada 50 perusahaan di ASEAN yang cukup baik menerapkan prinsip tata kelola level ASEAN. Tapi hanya ada dua perusahaan perbankan Indonesia yang masuk," terang dia.

Untuk itu, Muliaman berharap, jika tahun depan akan semakin banyak perusahaan di Indonesia yang memenuhi kriteria penerapan prinsip GCG di ASEAN. Bukan hanya perbankan, tetapi juga pasar modal dan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) diharapkan mampu menembus penerapan GCG terbaik level ASEAN.

"‎Terutama perusahaan terbuka (emiten). Kita bangun budaya lebih kondusif, mekanisme tata kelola lebih baik. Kita ingin ada perusahaan Indonesia yang menonjol dalam penerapan tata kelola keuangannya," pungkasnya.


(ABD)