Dukung Sejuta Rumah, BPJS Ketenagakerjaan Gandeng 6 Pengembang

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 18 Nov 2015 12:57 WIB
bpjs ketenagakerjaan
Dukung Sejuta Rumah, BPJS Ketenagakerjaan Gandeng 6 Pengembang
Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G Masassya (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Penyelenggara Jaminanan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menjalin kerja sama dengan perbankan dan para pengembang dalam rangka mendukung Program Sejuta Rumah yang sudah dicanangkan oleh pemerintah.

Menindaklanjuti kerja sama tersebut, BPJS Ketenagakerjaan melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan enam pengembang tentang pembangunan perumahan pekerja untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Keenam pengembang itu antara lain PT Kopel Lahan Andalan, PT Kalmar Jaya, PT Panen Artha Niaga Persada, PT Budi Langgeng Persada, PT Graha Nagara Indah, dan PT Sinar Budi Langgeng.

"Salah satu transformasi yang signifikan. BPJS Ketenagakerjaan tadinya hanya berikan perlindungan dasar bagi pekerja, kemudian berikan kesejahteraan dasar bagi pekerja," ujar Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G Masassya, dalam sambutannya, di Menara Jamsostek, Jakarta Selatan, Rabu (18/11/2015).

Elvyn menjelaskan, terobosan yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan dalam mendukung Program Sejuta Rumah ini lantaran ada sekitar 13 juta tenaga kerja masih belum memiliki rumah. Sedangkan dari 19 juta peserta BPJS Ketenagakerjaan, sebanyak tujuh juta peserta masih belum memiliki rumah.

"Dengan dasar itu, BPJS Ketenagakerjaan melakukan terobosan, transformasi dari regulasi. Berdasarkan PP baru terhadap investasi, BPJS Ketenagakerjaan boleh alokasikan dana investasinya sampai maksimal 30 persen dari total investasi untuk dukung penyediaan rumah," ujarnya.

Dari hasil kerja sama tersebut, lanjut Elvyn, total rumah yang dibangun sebanyak 23.000 unit. Menurut Elvyn pembangunan rumah untuk peserta BPJS tersebut akan dilakukan secara bertahap.

Dalam kesempatan itu, penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Direktur Investasi BPJS Ketanagakerjaan Jeffry Haryadi PM beserta keenam pengembang. Penandatanganan tersebut disaksikan langsung oleh Elvyn bersama perwakilan dari BNI, Bank Mandiri, BRI, BTN, dan BJB.


(ABD)