Masih Lemah, Rupiah akan Bergerak di Rp13.704-Rp13.778/USD

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 19 Nov 2015 07:44 WIB
kurs rupiah
Masih Lemah, Rupiah akan Bergerak di Rp13.704-Rp13.778/USD
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Jakarta: Rupiah diprediksi masih akan melemah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS). Pelemahan ini sebagai imbas dari pelemahan sejumlah mata uang global.

"Sementara euro sempat masih melemah di tengah langkah ECB yang berencana  untuk mengeluarkan stimulusnya untuk membantu mempercepat pemulihan ekonomi," papar Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada dalam keterangan risetnya yang diterima Metrotvnews.com, Kamis (19/11/2015).

Akan tetapi, lanjut Reza, menjelang penutupan perdagangan, sejumlah mata uang terlihat mulai menguat terhadap USD, seperti euro (EUR), poundsterling (GBP), yen (JPY), dan swiss franc (CHF).

Reza menambahkan, kendati sejumlah mata uang tersebut berbalik menguat, namun belum cukup mampu menopang pergerakan rupiah yang masih berada di zona merah.

Investor pun diingatkan untuk tetap mewaspadai adanya potensi pelemahan, seiring masih dominannya berita negatif. Oleh karena itu, tetap waspadai dan cermati sentimen yang akan muncul sehingga membuat rupiah melanjutkan pelemahan.

"Dalam satu hari ini laju Rupiah akan berada di level Rp13.704-Rp13.778 per USD (kurs tengah BI)," tutup Reza.


(AHL)