Jepang Berikan Tanda Jasa kepada Sineas Senior Indonesia

Willy Haryono    •    Kamis, 19 Nov 2015 07:47 WIB
indonesia-jepang
Jepang Berikan Tanda Jasa kepada Sineas Senior Indonesia
Christine Hakim (kiri) mendapat penghargaan bintang jasa yang diserahkan Dubes Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki di Jakarta, Rabu (18/11/2015). (Foto: MTVN/Nabila Gita)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada 3 November lalu telah diumumkan seorang sineas senior Indonesia, Christine Hakim, dianugerahi bintang jasa The Order of the Rising Sun, Gold Rays with Rosette, oleh pemerintah Jepang. 

Penghargaan diserahkan langsung Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Tanizaki Yasuaki, di kediamannya di Jakarta, Rabu (18/11/2015).

Christine Hakim yang merupakan seorang aktris dan produser film turut berkontribusi aktif dalam pertukaran budaya Indonesia-Jepang. Ia juga pernah bekerja sama dalam film garapan Jepang seperti Nemuru Otoko atau The Sleeping Man.

"Ibu Christine sudah puluhan kali datang ke Jepang untuk mempererat hubungan kedua negara. Dia datang mewakili Indonesia pada sebuah pertemuan yang diadakan oleh pihak Jepang. Pertemuan tersebut diadakan untuk mempererat hubungan Jepang dengan negara-negara tetangga di Asia Tenggara termasuk dengan Indonesia. Kami mengumpulkan tokoh-tokoh dalam bidang kebudayaan," ujar Dubes Tanizaki.

Tahun ini, ucap sang dubes, anggaran yang disiapkan Jepang dalam bidang kebudayaan meningkat menjadi 500 juta yen, yang akan disebarkan ke enam titik, yang salah satunya Indonesia.

"Kemungkinan tahun depan program ini berjalan dan Indonesia adalah salah satu titiknya. Saya meminta bantuan ibu Christine untuk hal ini," kata Dubes Tanizaki. (Nabila Gita)


(WIL)