Motor Baru

Husqvarna 701 Vitpilen, Lanjut ke Proses Produksi

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 20 Nov 2015 10:13 WIB
husqvarna
Husqvarna 701 Vitpilen, Lanjut ke Proses Produksi
Husqvarna 701 Vitpilen, motor retro yang justru anti-retro. MCN

Metrotvnews.com: Merek roda dua Husqvarna sempat koleps sebelum akhirnya diselamatkan oleh KTM, yang mendapatkan sokongan dana dari pabrikan raksasa India, Bajaj. Mereka pun lantas melanjutkan proyek-proyek yang sempat terhenti, salah satunya adalah motor konsep ini.

Motor itu adalah Husqvarna 701 Vitpilen, berbentuk roadster, cenderung retro namun tak seluruhnya mengesankan hal tersebut. Bisa dibilang ini motor retro yang justru anti retro.

Motor ini sendiri menggunakan basis mesin KTM 690 Duke. Silinder tunggal, dengan keluaran tenaga mencapai 73 daya kuda. Konsep motor ini adalah bergaya ultra-modern.

Kemunculan Husqvarna 701 Vitpilen ini menyusul pendahulunya, Vitpilen 401 dan Svartpile 401. Keduanya pun disebut-sebut akan hadir dalam versi produksi massal tahun depan, seperti ditulis Motorcyclenews.

Tapi Husqvarna justru mengatakan bahwa 701 Vitpilen merupakan proyek yang lebih serius untuk dikerjakan. Perancang motor terkenal asal Inggris dari Kiska Design, yang telah mendesain motor KTM dalam dua dekade terakhir mengatakan, 701 Vitpilen sebagai motor silinder tunggal yang mengerikan.


(UDA)