KPU Upayakan Suku Anak Dalam Gunakan Hak Pilih pada Pilkada

Antara    •    Kamis, 19 Nov 2015 10:50 WIB
pilkada serentak
KPU Upayakan Suku Anak Dalam Gunakan Hak Pilih pada Pilkada
Suku Anak Dalam (SAD) Kelompok Nungkay yang sudah menetap dan memiliki rumah di kawasan Palakar Jaya, Pamenang, Jambi, Sabtu (28/3/2015). Foto: MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, mengupayakan warga Suku Anak Dalam di daerah itu bisa ikut menyalurkan haknya pada pemilihan kepala daerah serentak Desember 2015.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Divisi Teknis Kabupaten Musirawas, Supriyadi, mengatakan warga Suku Anak Dalam yang tinggal di wilayah itu sebagian besar tak memiliki identitas. Mereka akan diupayakan bisa menyalurkan aspirasinya pada pilkada mendatang.

Khususnya bagi mereka yang sudah menetap enam bulan di wilayah Musirawas.

"Kecuali mereka hidupnya berpindah-pindah, itu tidak bisa diikutkan dalam pemungutan suara pada pilkada bulan depan," ujarnya. Kamis (19/11/2015), seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan, upaya yang akan dilakukan agar mereka bisa ikut memilih kepala daerah antara lain, pendataan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Warga Suku Anak Dalam yang ada di Musirawas diperkirakan migrasi dari Kabupaten Musirawas Utara dan wilayah Jambi, mereka yang sudah menetap biasanya mau diajak dan dibina, meskipun ia masih suka tinggal pada gubuk tak layak huni.

Untuk mendata mereka diupayakan anggota KPPS yang berasal dari desa dekat tempat tinggal wara Suku Anak Dalam tersebut dan didampingi oleh Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu).

Selain itu KPU juga sudah menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di Lembaga Pemasyarakatan Narkoba Muara Beliti setempat agar penghuninya bisa menyalurkan hak pilihnya pada pilkada nanti.

"Kalau sudah kita siapkan TPS dan koordinasi dengan Kepala Lembaga Pemasyarakat (Lapas), dipastikan warga binaan lapas itu bisa ikut menyalurkan aspirasi," ujarnya.

Sedangkan jumlah pemilih baik warga Suku Anak Dalam maupun warga binaan Lapas narkoba itu, masih didata oleh petugas pemilihan kecamatan kerja sama dengan kepala lapas tersebut.

Berdasarkan hasil rapat pleno terbuka penetapan DPT yang digelar pekan lalu, jumlah DPT di Kabupaten Musirawas tercatat sebanyak 302.763 jiwa.

"Dari jumlah itu terdiri atas laki-laki sebanyak 154.297 jiwa dan pemilih perempuan sebanyak 148.466 orang, angka itu hasil dari beberapa kali koreksi dan perbaikan," jelasnya.


(KRI)