Cara Aman Basmi Komedo

   •    Kamis, 19 Nov 2015 14:03 WIB
kecantikan
Cara Aman Basmi Komedo
Cara aman basmi komedo. (Foto:beautytipsguide)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komedo terbentuk ketika folikel rambut atau pori-pori tersumbat. Ini bisa sebabkan karena perubahan hormon atau produk tertentu. Komedo tentu saja bikin tampilan wajah Anda tak lagi mempesona. 

Meskipun mungkin Anda tergoda untuk memencet komedo sendirian, para ahli tidak menganjurkan hal tersebut, karena komedo akan semakin banyak tumbuh nantinya.

Lantas, bagaimana cara membasmi komedo dengan benar dan aman?

1. Pilih sabun cuci muka yang tepat
Carilah sabun cuci muka yang mengandung salicylic acid atau benzoil peroksida. Gunakan dua kali sehari untuk mengeluarkan komedo tapi tetap menjaga pori-pori sehat. 

2. Lakukan eksfoliating
Melakukan eksfoliating (pengelupasan kulit mati) bisa membuka komedo. Tapi, perlu diingat bahwa eksfoliating tak seefektif mencuci wajah secara teratur. 

3. Kunjungi dokter
Bila berbagai cara sudah Anda coba namun tak kunjung berhasil, dokter kulit adalah solusi terakhir. Komedo bisa diberantas memakai alat ekstraktor profesional. Meskipun sudah tersedia di pasaran, mencoba melakukan sendiri berbahaya. Sebab bisa saja membuat jaringan parut terlalu membesar. 

4. Cari faktor penyebab
Hair spray bisa menimbulkan komedo. Produk make up seperti concealer tebal juga turut andil kemunculan masalah ini. Jadi, bila Anda sudah mengetahui penyebab komedo segera hentikan pemakaian. (Sumarni/Prevention)


(LOV)