BNPT Sambangi Ponpes Al-Jawami Sosialisasikan Paham Radikal

Roni Halim    •    Sabtu, 21 Nov 2015 16:00 WIB
isis
BNPT Sambangi Ponpes Al-Jawami Sosialisasikan Paham Radikal
Ilustrasi. Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Bandung: Pondok Pesantren Al-Jawami yang pernah dikunjungi terduga teroris Frederich Jean Salvi alias Ali Jangkung, mendadak dikunjung Badan Nasional Penanggulangan Teroris, Sabtu, 21 November.

"Kami datang ke sini untuk menyosialisasikan antisipasi dan pencegahan paham radikal, terutama agar masyarakat tak mudah bergabung dengan kelompok ISIS (Islamic State)," kata Kepala Sub Direktorat BNPT, Kombes Toriq Triyono, di Ponpes Al-Jawami, di kawasan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Toriq mengatakan perkembangan ISIS di Indonesia maupun di luar negeri sangat cepat. "Mereka menggunakan berbagai media untuk menyebarkan paham mereka," kata dia.

BNPT mencatat tak hanya dari kalangan pesantren yang terpengaruh paham ISIS, sejumlah tokoh agama dan pejabat juga terpengaruh.

Toriq menambahkan sudah banyak warga negara Indonesia ingin kembali setelah bergabung dengan ISIS. "Mereka ingin kembali karena ajarannya tak sesuai dengan apa yang mereka harapkan," katanya. Dia berharap sosialisasi bisa membuat masyarakat semakin waspada terhadap geliat organisasi terlarang ini.


(UWA)