Tiongkok Nonaktifkan Ponsel yang Pakai Aplikasi Pesan Asing

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 24 Nov 2015 19:04 WIB
tiongkok
Tiongkok Nonaktifkan Ponsel yang Pakai Aplikasi Pesan Asing
Tiongkok memblokir no selular pengguna aplikasi pesan milik negara lain.

Metrotvnews.com: Tiongkok dilaporkan menonaktifkan nomor ponsel yang menggunakan aplikasi pesan milik negara lain. Tiongkok dikenal sebagai negara dengan peraturan ketat terkait teknologi yang dapat diakses dan digunakan warganya.

Laporan ini muncul setelah pengguna aplikasi pesan seperti WhatsApp di wilayah Xinjiang menerima pesan teks yang menyatakan, pengirim akan menonaktifkan nomor seluler pengguna dalam waktu dua jam berikutnya.

Pada pesan teks tersebut, pengguna yang disebut melanggar hukum ini juga diminta untuk menghubungi dan berkonsultasi dengan polisi siber pada kantor polisi terdekat secepatnya.

Pemerintah Tiongkok mulai menutup akses VPN, terutama VPN yang tidak memiliki identifikasi lengkap. Hingga kini, masih belum diketahui jumlah total aplikasi yang ditutup, namun langkah ini juga pernah dilakukan pemerintah Tiongkok.

Pada akhir tahun lalu, selama masa protes di Hong Kong, Tiongkok memblokir aplikasi sepert Instagram untuk mencegah foto protes tersebut dapat diakses warganya. Google juga dikabarkan meluncurkan kembali versi baru Play Store akibat dari peraturan ketat yang diterapkan pemerintah Tiongkok.


(ABE)