Tersangka UPS Fahmi Zulfikar Tak Mau Mundur Sebagai Anggota DPRD

Renatha Swasty    •    Selasa, 24 Nov 2015 19:00 WIB
korupsi ups
Tersangka UPS Fahmi Zulfikar Tak Mau Mundur Sebagai Anggota DPRD
Fahmi Zulfikar. Foto: Antara/Reno Esnir

Metrotvnews.com, Jakarta: Fahmi Zulfikar tidak akan mundur dari jabatannya sebagai anggota DPR meski sudah ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi pengadaan Uninterrupted Power Supply (UPS). Dia baru akan mundur jika partai yang meminta. 

"Ya kalau parpol mengatakan saya harus mengundurkan diri saya mengundurkan diri," ujar kader Partai Hanura ini usai diperiksa di Gedung Mebes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (24/11/2015).

Sekretaris Komisi E DPRD DKI itu menyebut, dirinya mengacu pada aturan yang berlaku. AD/ART Partai Hanura, kata dia, menyebut seorang kader yang menjadi tersangka mundur ketika proses hukum yang dijalani sudah berkekuatan hukum tetap (inkracht).

"Kedua kalau partai mengatakan tak perlu menunggu (inkracht), mundur hari ini. Saya mundur," tambah dia.

"Apa tak sebaiknya mundur sekarang Pak?" tanya wartawan.

"Saya jangan dihukum sebelum divonis hakim, kalau begitu semua orang bisa melakukan apa saja ke orang lain," jawab Fahmi. 

Fahmi hari ini diperiksa penyidik Bareskrim sebagai tersangka. Dia diperiksa untuk kali pertama sebagai tersangka. Fahmi resmi menyandang status tersangka sejak Rabu 11 November. 

Selain Fahmi, Bareskrim juga menetapkan bekas anggota DPRD DKI Jakarta lainnya, Muhammad Firmansyah.  

Keduanya diduga melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama saat masih menjabat di Komisi E. Selain mereka, dua tersangka sebelumnya adalah Zainal Soleman dan Alex Usman. Keduanya tengah menjalani persidangan. 


(KRI)