Bekasi Hendak Revisi Perjanjian Kontrak Sampah

   •    Kamis, 26 Nov 2015 11:36 WIB
sampah jakarta
Bekasi Hendak Revisi Perjanjian Kontrak Sampah
Truk sampah di Bantar Gebang----MTVN/LB Ciputri Hutabarat

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, hendak merevisi perjanjian kerja sama pengelolaan sampah DKI Jakarta di Bantar Gebang. Revisi diajukan dengan sejumlah poin kesepakatan tambahan.

Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu mengatakan, poin itu akan dibahas bersama Komisi A DPRD Bekasi. Saat ini, dia bilang, adendum (pembahasan peraturan tambahan) perlu segera dilakukan karena situasi sudah mendesak.

"DKI saat ini sudah memasuki rancangan final anggaran daerah," kata Ahmad Syaikhu seperti dilansir Antara, Kamis (26/11/2015).

Syaikhu mengatakan, pembahasan perlu dilakukan agar tidak ada lagi kepentingan masyarakat yang luput dari perhatian pemeritah. Pemkot, kata dia, juga perlu menyamakan persepsi dengan DPRD Bekasi.

Musababnya, pendapat DPRD akan menjadi masukan buat pemkot dalam membahas adendum kontrak tersebut. "Nantinya terkorelasi dengan apa yang menjadi masukan DPRD dan juga usulan pemkot," katanya.

Kemarin, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Bekasi sepakat mengubah adendum perjanjian kerja sama Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang. Ada empat poin yang diubah, di antaranya jam operasional truk pengangkut sampah.
 
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, poin pertama, jam opersional truk pengangkut sampah milik DKI akan beroperasi selama 24 jam. Poin kedua, rute truk diubah. Poin ketiga, terkait kewajiban Pemprov DKI membantu Kota Bekasi di bidang kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur. Tapi, Rahmat enggan menjelaskan poin keempat.

Masalah sampah ini sempat mencuat Oktober 2015. Masalah ini bermula dari diduga banyaknya pelanggaran yang dilakukan Dinas Kebersihan DKI. Salah satunya dilanggarnya jam operasional truk sampah. Hal ini kemudian diprotes anggota DPRD Bekasi dan berbuntut penolakan warga Bekasi. Kemudian terungkap, ada ketidakberesan dalam pengelolaan sampah.


(TII)