Lolos Verifikasi, Tono Suratman Maju Jadi Caketum KONI

Alfa Mandalika    •    Kamis, 26 Nov 2015 19:43 WIB
olahraga
Lolos Verifikasi, Tono Suratman Maju Jadi Caketum KONI
Tono Suratman. (Foto: Ant/Puspa Perwita Sari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tono Suratman dipastikan melenggang mulus ke Musyarawah Olahraga Nasional (Musornas) KONI di Jayapura, Papua 28-30 November sebagai calon Ketua Umum setelah dinyatakan lolos verifikasi yang dilakukan oleh Tim Penjaringan.

"Semua syarat minimal telah terpenuhi. Kami juga sudah melakukan verifikasi aktual pada berkas-berkas pendukung pencalonan termasuk yang tanda tangan surat dukungan," kata anggota Tim Penjaringan Ericson Ludji, Kamis (26/11/2015).

Untuk maju sebagai calon Ketua Umum KONI periode 2015 -- 2019, seorang calon harus mendapatkan dukungan minimal delapan pengurus provinsi (pengprov) KONI dan 12 pengurus pusat cabang olahraga. Dukungan sendiri harus ditandatangani oleh ketua.

Menurut dia, berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh Tim Penjaringan, Tono Suratman merupakan satu-satunya calon yang mendaftar sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan. Bahkan, berkas administrasinya telah dinyatakan lolos dan tidak ada masalah.

"Pak Tono satu-satunya calon yang mendaftar sesuai dengan tahapan yang ada. Setelah verifikasi tuntas, kami (Tim Penjaringan) akan melaporkan ke Musornas. Sampai disitu tugas kami selesai," katanya menambahkan.

Meski hanya satu orang yang mencalonkan diri sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan, namun ada informasi ada calon yang masuk melalui Musornas. Salah satu bakal calon yang muncul adalah Ketua PB Taekwondo Indonesia, Marciano Norman.

Musornas KONI di Jayapura, Papua, diikuti oleh 34 pengprov KONI dan 63 pengurus pusat/besar cabang olahraga. Mereka juga merupakan pemilik suara pada pemilihan Ketua Umum KONI periode 2015-2019 dan semuanya akan menyalurkan hak pilihnya. (Ant)


(ACF)