Sudah 25 Tahun Dartam Dipasung di Kandang Ayam

Darbe Tyas Waskitha    •    Jumat, 27 Nov 2015 09:53 WIB
pemasungan
Sudah 25 Tahun Dartam Dipasung di Kandang Ayam
Dartam sudah 25 tahun dipasyng di kandang ayam. (Foto:Antara/Idhad Zakaria)

Metrotvnews.com, Banyumas: seorang warga di Banyumas, Jawa Tengah dipasung dalam kandang Ayam seluas satu meter persegi oleh keluarganya sendiri. Perlakuan ini diterima Dartam selama 25 tahun.
 
Dartam adalah warga Desa Pageraji, kecamatan Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah. Keluarga terpaksa memasung Dartam karena sering mengamuk tanpa sebab.
 
Di dalam kandang ayam itu Dartam terlihat hanya jongkok dan tidak bisa melakukan aktivitas apapun. Keluarga hanya memberi makan dan minum pada waktu-waktu tertentu.
 
Karsiwen, adik Dartam mengtakan, kakaknya dipasung karena sering mengamuk. Dartam sering menebang pohon tanpa sebab dan menjualnya. Hal inilah yang membuat keluarga marah dan memutuskan memasung korban.
 
Dartam mengaku tidak betah tinggal di kandang ayam yang telah membelenggunya selama puluhan tahun itu. Dirinya merasa tidak enak dan tidak bisa melakukan aktivitas apapun.
 
Hingga kini keluarga menginginkan Dartam tetap bersama keluarga dan akan memperlakukannya seperti semula. Keluarga mengaku pernah berupaya mengobati Dartam, namun rumah sakit menolak. Alasannya, Kondisi Dartam sudah parah dan tidak bisa ditangani.
 
 


(FZN)