Recall Motor

Yamaha YZF-R1 2015 Recall karena Masalah Transmisi

Ainto Harry Budiawan    •    Sabtu, 28 Nov 2015 11:00 WIB
yamaha
Yamaha YZF-R1 2015 <i>Recall</i> karena Masalah Transmisi
Masalah gearbox bisa menyebabkan pengguna kecelakaan. Motorcycledaily

Metrotvnews.com: Superbike anyar Yamaha yakni YZF-R1 dan YZF-R1M dikabarkan terkena recall. Kedua model kembar tersebut diduga terdapat masalah pada bagian gearbox-nya.

Permasalahan utama terleta pada bagian roda gigi kedua dan pinion-nya, yang bisa pecah saat penggunaan dalam kondisi ekstrim. Juga perpindahan gigi yang tidak tepat, akibat masalah ini.

Mengutip dari Autoevolution, kemungkinan gigi tiga dan empat juga mengalami hal yang sama. Jika gigi dua, tiga dan empat rusak, khususnya saat berakselerasi dan kecepatan tinggi kemudian pecah, maka bisa mengakibatkan kecelakaan.

Yamaha sendiri tidak lama lagi akan memanggil unit yang diduga bermasalah, berdasarkan nomor VIN (vehicle identification number). Kemungkinan penjualan produk ini akan berhenti dulu untuk memperbaiki masalah ini.

Yamaha Indonesia sendiri sejauh ini belum mendapatkan informasi akan recall tersebut. "Sejauh  ini saya belum dapat kabar itu sih, yang dijual disini kena atau tidak," papar Mohammad Masykur, Assistant GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.


(UDA)