Lewat Jakarta Meeting, RI Beri Masukan Atasi Akar Permasalahan Pengungsi

Fajar Nugraha    •    Jumat, 27 Nov 2015 15:40 WIB
imigran gelap
Lewat Jakarta Meeting, RI Beri Masukan Atasi Akar Permasalahan Pengungsi
Wamenlu A.M Fachir (Foto: Antara)

Metrotvnrews.com, Jakarta: Wakil Menteri Luar Negeri A.M Fachir menyebutkan Indonesia bisa memberikan masukan untuk mengatasi akar permasalahan dari arus pengungsi.

"Ini adalah salah satu dari inisiatif kita. Intinya Indonesia mencoba mengelola persoalan perpindahan migran," ujar Wamenlu A.M Fachir di Jakarta Declaration Roundtable Meeting on Addressing the Root Causes of Irregular Movement of Persons, di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Jumat (27/11/2015).

"Hal ini tentu saja tidak hanya menyangkut Indonesia tetapi negara-negara asal, transit, dan tujuan," lanjutnya.

Lebih lanjut mantan Dubes Indonesia untuk Arab Saudi itu menambahkan, isu yang sekarang menjadi perhatian adalah menyangkut root causes atau akar permasalahan. Hal ini yang sangat penting dan yang utama serta harus ditangani dengan baik.

Pertemuan di Hotel Mandarian yang berlangsung pada 27-28 November itu sifatnya lebih kepada upaya menyamakan persepsi langkah-langkah konkret untuk kerja sama.

"Pertemuan ini menjadi sangat penting karena akan menjadi suatu masukan bagi pertemuan Komisioner UNHCR di Jenewa bulan depan," tuturnya.

"Harapan kita pertemuan ini dapat beri masukan konkret tentang kerja sama menengani root causes dari 'irregular movement of persons' atau pengungsi," sebutnya.


(FJR)