NU Dukung Risma-Whisnu, Muhammadiyah Pilih Rasiyo-Lucy

Amaluddin    •    Senin, 30 Nov 2015 06:24 WIB
pilkada serentak
NU Dukung Risma-Whisnu, Muhammadiyah Pilih Rasiyo-Lucy
Duel Risma-Whisnu versus Rasiyo-Lucy di Pilkada Surabaya, MTVN - Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Dua pekan jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015 di Surabaya membuat kedua pasangan calon (paslon) terus bergerilya meraih suara sebanyak-banyaknya. Pendekatan kedua paslon Rasiyo-Lucy Kurnisari dan Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana ke masyarakat pun dengan cara sama, namun sasarannya berbeda.

Pasangan calon nomor urut dua, Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana, lebih memilih bersilaturahmi dengan organisasi masyarakat terbesar di Indonesia, Nahdatul Ulama (NU). Bahkan calon incumben ini diundang dalam acara istighasah dan doa bersama untuk Surabaya.

"Acara doa bersama ini kita kemas dengan istighosah. Ada banyak yang datang untuk doakan Bu Risma menang Pilkada," ujar Panitia, Eni Rahmawati, di sela-sela doa bersama yang berlangsung di Hotel Empire Palace, Jalan Embong Malang, Surabaya, Minggu (29/11/2015).

Ribuan perempuan NU itu berkumpul untuk menyatukan tekad bersama mengantarkan Risma-Whisnu kembali memimpin Kota Pahlawan untuk periode 2015-2020. Acara doa bersama itu bertema "Ikhtiar Perempuan NU Bersama Bu Risma untuk Surabaya".

Acara itu juga dihadiri badan otonom (Banom) NU terdiri dari ibu-ibu Muslimat, Fatayat, Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), serta organisasi perempuan NU lainnya.

Lain halnya dengan paslon nomer urut satu, Rasiyo-Lucy Kurniasari. Paslon yang diusung PAN dan Partai Demokrat ini mendapat dukungan dari Muhammadiyah. Rasiyo-Lucy juga sering mendapat undangan ormas Muhammadiyah akhir-akhir ini.

Menurut mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah Surabaya, Achmad Zainul Arifin, ormas Muhammadiyah khususnya DPC Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) siap all out menangkan Rasiyo-Lucy di Pilkada Surabaya nanti.

"Pendekatan Paklik Rasiyo dan Ning Lucy dengan Muhammadiyah cukup bagus. Meski sesuai khitohnya menjaga hubungan dengan seluruh parpol, namun secara ideologi sama dengan Partai Amanat Nasional," kata pria yang juga Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD PAN Surabaya itu.

Menurut dia, internal partai berlambang Matahari Terbit ini sudah mempersiapkan diri hingga di tingkat DPC (Kecamatan). Sekitar 20 DPC Muhammadiyah tersebar di seluruh wilayah Surabaya siap memenangkan Rasiyo-Lucy. "Gerbong-gerbong kepemudaan kami rangkul, dan kami all out menangkan Rasiyo-Lucy," katanya.


(RRN)