HUT Korpri, Wapres Minta Pegawai Negara Bermental Positif

Dheri Agriesta    •    Senin, 30 Nov 2015 10:35 WIB
korpri
HUT Korpri, Wapres Minta Pegawai Negara Bermental Positif
Upacara HUT ke-43 Korpri di lapangan Silang Monas, Jakarta, Senin 1 Desember 2014. Antara Foto/Fanny Octavianus

Metrotvnews.com, Surabaya: Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla meminta Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi. Ia juga meminta mental pegawai dalam melayani masyarakat berubah.

Wapres menjadi inspektur upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-44 Korpri di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur. Upacara diikuti sekitar 15 ribu pegawai dari seluruh kabupaten/kota se-Jawa Timur dan perwakilan pegawai dari lintas provinsi.

"Lakukan reformasi birokrasi tanpa basa-basi, cari terobosan serta cara-cara baru untuk hindari bussiness as usual," kata JK saat pidato, Senin (30/11/2015).

Menurut Wapres, rakyat ingin melihat birokrasi yang bersih, bisa dipertanggungjawabkan, efektif, efisien, melayani, serta layanan publik berkualitas. Pegawai harus membangun mental positif, berintegritas, memiliki etos kerja, dan gotong royong.

Birokrasi diharapkan lebih dinamis dan menyesuaikan perkembangan zaman. Ia meminta segala kerumitan birokrasi dapat dihilangkan.

"Angkat semua kerumitan birokrasi dan pastikan masyarakat dapat pelayanan terbaik dan kualitas tinggi dengan waktu cepat," kata JK.

Selain itu, seiring perkembangan zaman, pegawai harus bisa memanfaatkan teknologi. Mekanisme kerja birokrasi harus berubah menjadi sistem pemerintahan e-government. "Banyak pekerjaan birokrasi bisa jauh lebih efisien dengan teknologi informasi," ujar Wapres.

Upacara ini dihadiri Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi.


(TRK)