Pemerintah akan Bantu Tata Taman Amaryllis

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 30 Nov 2015 10:54 WIB
lingkungan hidup
Pemerintah akan Bantu Tata Taman Amaryllis
Seorang pengunjung mendatangi Taman Amaryllis yang rusak terinjak di Yogyakarta, MTVN - Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintah Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, kerusakan pada kebun bunga Amaryllis. Pemerintah pun menyatakan siap membantu memperbaiki kerusakan seluas 2.350 meter persegi itu.

Camat Patuk, Haryo Ambar Suwardi, mengatakan akan menata taman dan akses jalanan menuju lokasi. Ia merencanakan keterlibatan pemerintah setempat pada tahun depan.

"Kami akan membantu untuk penataan dengan memberikan desain dari ahli pertamanan," kata Haryo saat dihubungi, Minggu (29/11/2015).

Haryo mengaku berencana membuat taman yang bisa dipakai warga untuk menanam tanaman 'Brambang Mas'. Oleh warga sekitar, tanaman itu dianggap sebagai simbol penangkal hama yang merusak tanaman lain.

Tanaman itu, lanjutnya, nantinya tak hanya satu jenis yang dikembangkan, melainkan enam jenis. Ia berharap pengembangan yang dilakukan bisa mempercantik lokasi.

"Tahun depan akan dikembangkan secara masif. Harapannya bisa membantu perekonomian masyarakat sekitar," tambahnya.

Pemilik taman Amaryllis, Sukadi mengaku sudah mengetahui kabar rencana itu. Ia mengatakan menyambut baik rencana itu supaya bisa memperbaiki kondisi taman yang sudah memprihatinkan.

Sukadi mengungkapkan belum akan memperbaiki kerusakan taman akibat membludaknya pengunjung. "Nanti, nunggu pengunjung selesai. Pihak kecamatan nanti akan membantu desainnya," ujarnya. 

Sebagaimana diberitakan, taman bunga Amaryllis menyedot perhatian masyarakat sejak Rabu lalu. Dengan memberikan dana suka rela, pengunjung banyak berdatangan untuk melihat tanaman bunga Amaryllis tersebut, terlebih di akhir pekan. Dampak dari membludaknya pengunjung, banyak tanaman yang terinjak akibat tindakan pengunjung untuk sekadar selfie dan adapula tanaman yang tercabut.



(RRN)