Rupiah Diperkirakan Bergerak di Rp13.738-Rp13.765/USD

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 30 Nov 2015 11:36 WIB
rupiah melemah
Rupiah Diperkirakan Bergerak di Rp13.738-Rp13.765/USD
Ilustrasi -- FOTO: Reuters/Darren

Metrotvnews.com, Jakarta: Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) diperkirakan masih melanjutkan pelemahan di pekan ini. Hal itu disebabkan masih maraknya penilaian terhadap ECB yang akan melonggarkan kebijakan moneter sehingga membuat euro mengalami depresiasi terhadap USD. 

"Dampak pelemahan euro yang terdepresiasi terhadap USD membuat rupiah pun mengalami pelemahan," ujar Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada, dalam risetnya yang ‎diterima Metrotvnews.com, di Jakarta, Senin (30/11/2015).

Di sisi lain, Reza menambahkan, gerak USD semakin menanjak setelah berita Swiss National Bank memberi sinyal adanya kemungkinan untuk dilakukan pemangkasan suku bunga sehingga berimbas pada penurunan CHF terhadap USD. Tentu peningkatan laju USD memiliki dampak terhadap melemahnya nilai tukar rupiah. 

"Terpantau di akhir pekan laju EUR, GBP, AUD, JPY, dan beberapa lainnya mengalami pelemahan," jelasnya.

Sebelumnya sudah ada informasi bahwa dengan dipatahkannya asumsi positif yang dibuat agar nilai tukar rupiah dapat melanjutkan penguatannya namun sayangnya nilai tukar rupiah tetap melemah. Pelemahan tetap terjadi meski sudah mewaspadai adanya peluang pelemahan lanjutan.

‎Reza berharap agar semua pihak tetap mencermati sentimen yang ada dan mewaspadai masih adanya potensi pelemahan lanjutan. "Dalam satu hari ini laju rupiah akan berada di level Rp13.765-13.738 per USD (kurs tengah BI)," pungkasnya.



(ABD)