Sudah Sebulan, Pesawat Pemkab Timika Parkir di Singapura

Antara    •    Senin, 30 Nov 2015 11:53 WIB
pesawat
Sudah Sebulan, Pesawat Pemkab Timika Parkir di Singapura
Pesawat Cessna Grand Caravan, Ant

Metrotvnews.com, Timika: Pesawat Cessna Grand Caravan milik Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua,masih parkir di Singapura. Sejak membeli dari Amerika Serikat sebulan lalu itu, Pemerintah Mimika belum mendapat izin untuk mengoperasikan pesawat dari Menteri Perhubungan Ignatius Jonan.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Mimika John Rettob mengatakan belum mendapat surat izin pengadaan pesawat tersebut untuk masuk ke Indonesia. Padahal, kata Rettob, pemerintah sudah memenuhi surat izin pengadaan pesawat untuk bisa masuk Indonesia.

"Syarat yang diminta sudah dipenuhi yaitu pilot dan enginer harus berkewarganegaraan Indonesia. Kami sudah siapkan dua orang pilot Indonesia," kata John, Senin (30/11/2015).

Ia juga mengaku sudah membayar asuransi pesawat pada 9 September kemarin. Pemerintah telah mempresentasikan pesawat ke Kementerian Perhubungan sejak 2 Oktober 2015. 

"Tapi surat izin dari Menhub belum juga diterbitkan," jelas John.

Buntut dari keterlambatan terbitnya perizinan tersebut, katanya, Pemkab Mimika dan PT Asian One Air selaku perusahaan yang ditunjuk untuk mengoperasikan pesawat itu mengalami kerugian besar.

Terhitung sejak 1 November 2015, katanya, pesawat tersebut sudah tiba di Singapura. Pemkab Mimika dan perusahaan operator harus mengeluarkan biaya ekstra sebesar hampir Rp18 juta per hari untuk membayar sewa hanggar di Singapura.


(RRN)