Jangan Santap 6 Makanan Ini Kalau Tak Ingin Susah Tidur

   •    Senin, 30 Nov 2015 19:15 WIB
kesehatan
Jangan Santap 6 Makanan Ini Kalau Tak Ingin Susah Tidur
Hindari makan keju sebelum tidur (Foto:ABC News)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada banyak alasan mengapa Anda sulit tidur saat malam tiba. Salah satunya, efek dari makanan yang disantap.

Tak semua makanan yang dianggap sehat berdampak pada peningkatan kualitas tidur Anda.

Padahal, tidur sangat penting untuk menunjang kesehatan lebih baik. Bahkan, studi teranyar menemukan tidur berkualitas yang dilakukan secara konsisten akan menjaga berat badan seseorang tetap stabil.

Agar tidur malam lebih nyenyak dan nyaman, hindari mengonsumsi makanan berikut menjelang tidur.

1. Sayuran
Kebanyakan sayuran sarat dengan phytochemical, vitamin, dan mineral yang terbukti membantu proses detoksifikasi alami tubuh. Menurut ahli gizi Elissa Goodman, mengonsumsi sayuran yang tinggi serat sebelum tidur akan menghambat waktu tidur Anda. Sebab, tubuh akan tetap bekerja untuk mencerna sayuran tersebut.

2. Saus tomat
Saus tomat sangat asam sehingga menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan pada malam hari. Meskipun mengandung banyak nutrisi penting, menyantap makanan dengan saus tomat sebelum tidur akan menyebabkan insomnia. Sebaiknya, santap saus tomat minimal 3 jam sebelum tidur.

3. Cokelat hitam
Memang cokelat hitam sudah terbukti akan manfaat kesehatannya. Tetapi, makan cokelat hitam sebelum tidur akan mengganggu jam tidur Anda. Ini karena kandungan kafein di dalam cokelat hitam setara dengan secangkir kopi.

4. Keju
Semua makanan yang mengandung keju dan disantap jelang tidur akan memicu pelepasan norepinefrin, stimulan yang membuat kita merasa lebih waspada. Itu berarti sepanjang malam Anda akan terus terjaga.

5. Daging merah
Daging merah punya banyak lemak. Daging merah juga sulit dicerna oleh tubuh sehingga metabolisme akan aktif bekerja terus menerus.

6. Makanan pedas
Meskipun ada studi yang menyebutkan makanan pedas menyehatkan, bukan berarti Anda mengonsumsinya sebelum tidur. Dampak makanan pedas membuat perut mulas. (Sumarni/Huffingtonpost)


(ROS)