Sopir Truk di Pantura dapat Kondom Gratis

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 01 Dec 2015 14:12 WIB
aids
Sopir Truk di Pantura dapat Kondom Gratis
Pembagian kondom kepada awak truk di Brebes, Jawa Tengah, Selasa (1/12/2015). (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Brebes: Para sopir truk yang melintas di jalur utama pantai utara (Pantura) Brebes, Jawa Tengah, mendapat hadiah istimewa. Bertepatan pada hari AIDS sedunia, mereka mendapatkan kondom gratis dari para aktivis penanggulangan AIDS untuk mencegah penyebaran HIV.

Jalur pantura mendapat sorotan karena dianggap sebagai jalur tersibuk di Indonesia. Pantura juga dianggap rawan penyebaran HIV karena maraknya warung remang-remang di sepanjang jalur tersebut.

“Warga Pantura termasuk yang rentan tertular HIV/AIDS  karena di sepanjang jalur pantura banyak terdapat tempat lokalisasi,” kata dokter Gunadi, Kepala Dinas Kesehatan Brebes yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, Selasa (1/12/2015).

Kegiatan dimotori oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) setempat. Aksi pembagian kondom ini melibatkan puluhan relawan KPA. Sedikitnya, seribu kondom dibagikan kepada pengguna jalan di jalur Pantura.

Dari catatan KPA, di Brebes terdapat 245 orang pengidap penyakit HIV/AIDS. Kebanyakan dari mereka ialah ibu rumah tangga yang tertular dari suaminya karena perilaku seks bebas.


(SAN)