3 Kampus Negeri di Jabar Akan Buka Cabang di Daerah

Jaenal Mutakin    •    Selasa, 01 Dec 2015 20:54 WIB
pendidikan
3 Kampus Negeri di Jabar Akan Buka Cabang di Daerah
Ilustrasi/dreamstime

Metrotvnews.com, Bandung: Tiga kampus negeri di Jawa Barat, yakni Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Institut Pertanian Bogor (IPB) akan membuka cabang di sejumlah daerah terpencil. 

Kepastian itu dilontarkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) di Pangandaran, Jabar.  "Jika pada 2014 skemanya adalah me-negeri-kan swasta, maka pada 2016 adalah membuat cabang PTN. Kita ingin Unpad membuka cabang di Pangandaran," katanya di Pangandaran, Selasa (1/12/2015)

Pada 2014, Pemprov Jabar sudah menambah empat perguruan tinggi negeri. Yakni, Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya dan Universitas Karawang (Unsika), yang merupakan perubahan status dari swasta ke negeri, kemudian mendirikan politeknik negeri di Kabupaten Subang dan Kabupaten Indramayu.

"Insya Allah tahun depan kita akan membuat empat kampus negeri baru yang merupakan cabang dari tiga perguruan tinggi negeri," kata Aher.

ITB akan membuka cabang di Cirebon dan Bekasi. "Nanti kalau sudah besar disapih (dipisahkan) menjadi kampus tersendiri," kata dia. Kampus ITB di Cirebon dibangun di atas lahan 18 hektare. Sedangkan kampus ITB di Bekasi akan dibangun di atas lahan 40 hektare.

Satu kampus lagi merupakan pengembangan dari kampus IPB yang akan dibangun di Sukabumi.

Selain PTN, Jabar juga telah menyiapkan SMK dan SMA negeri berbasis pesantren. Menurut Aher, pembelajaran agama untuk penguatan nilai moral tidak harus berada di pesantren murni atau madrasah aliyah.


(UWA)