Menkeu: Sigit Priadi Mundur dari Dirjen Pajak per Besok

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 01 Dec 2015 21:37 WIB
pajak
Menkeu: Sigit Priadi Mundur dari Dirjen Pajak per Besok
Dirjen Pajak Sigit Priadi mengundurkan diri dari jabatannya per besok. (FOTO: MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro secara tiba-tiba mengatakan Sigit Priadi Pramudito telah mengundurkan diri dari jabatannya saat ini sebagai Direktur Jenderal Pajak.

Bambang mengatakan, Sigit telah menyampaikan surat pengunduran dirinya pagi tadi. Menurut Bambang, dengan surat tersebut, terhitung mulai besok pagi, Sigit telah nonaktif menjadi komandan pajak.

"Ya mengundurkan diri. Pakai surat, tadi pagilah suratnya. Jadi per besok ya sudah tidak lagi menjadi Dirjen Pajak," kata Bambang ditemui di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (1/12/2015).

Bambang menjelaskan, keputusan Sigit untuk mengundurkan diri karena merasa tidak mampu melaksanakan tugasnya untuk mengumpulkan penerimaan yang ditargetkan dalam APBNP 2015 sebesar Rp1.244,7 triliun, di mana realisasinya hingga awal November lalu masih sebesar 58,7 persen atau Rp730,7 triliun. Artinya, hingga akhir tahun akan ada kekurangan penerimaan pajak (shortfall) yang besar dan ditaksir mencapai Rp400-an triliun.

"Alasannya ya karena menganggap tidak mampu mengejar target," ujar Bambang.


(AHL)