Hipmi Jaya Sebut Freeport Sebaiknya IPO

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 02 Dec 2015 12:20 WIB
freeport
Hipmi Jaya Sebut Freeport Sebaiknya IPO
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Metrotvnews.com, Jakarta: Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jakarta Raya (Hipmi Jaya) menyebut PT Freeport Indonesia (PTFI) sebaiknya melakukan Initial Public Offering atau IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kecuali perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu mendivestasikan saham kepada pemerintah.

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jaya Ramadhan Datau menjelaskan, pelepasan saham Freeport lebih baik daripada melepas saham kepada swasta. Sebab, mekanisme IPO akan membuat semua orang dapat berpartisipasi.

"Freeport sebaiknya IPO karena bisa semua orang berpartisipasi, kecuali kalau divestasi ke pemerintah tidak apa-apa. Kalau ke swasta jangan, lebih baik IPO," ujar Ramadhan, di Gedung BEI, SCBD, Jakarta, Rabu (2/12/2015).

Menurutnya, melalui skema melantai di pasar modal maka membuat kepemilikan saham Freeport tidak hanya dimiliki oleh asing saja tetapi juga bisa dimiliki oleh nonasing. Namun, yang lebih penting daripada semua itu adalah siapa yang memanfaatkan dana dari IPO tersebut.

Sayangnya, lanjut Ramadhan, pengusaha muda seperti yang tergabung dalam Hipmi Jaya masih kesulitan mengambil saham dengan modal besar. Terlebih lagi investasi di sektor tambang macam Freeport membutuhkan dana yang besar.

"Jadi kita mesti jadi pemain. Kalau bicara tambang, modalnya besar semua. Kalau pengusaha muda masuk di tambang, belum apa-apa sudah besar modalnya," pungkas dia.


(ABD)