OJK Dorong LPEI Salurkan Pembiayaan kepada UMKM

   •    Rabu, 02 Dec 2015 12:37 WIB
ojkumkm
OJK Dorong LPEI Salurkan Pembiayaan kepada UMKM
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Manado: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) menyalurkan pembiayaan atau kredit ke sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Diharapkan, langkah semacam ini mendorong pengembangan UMKM di waktu-waktu mendatang.

"Dengan adanya beberapa kebijakan baru diharapkan LPEI dapat melakukan pembiayaan kepada segmen UMKM sehingga dapat membantu program pemerintah dalam mengakselerasi pengembangan UMKM," kata Kepala OJK Provinsi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara Dwi Suharyanto, seperti dikutip dari Antara, di Manado, Rabu (2/12/2015).

Dia mengatakan dengan pembiayaan lebih besar ke UMKM maka program pemerintah melahirkan wirausaha baru bisa segera terwujud karena dapat memperluas lapangan pekerjaan. Dalam hal ini, sektor perdagangan luar negeri merupakan salah satu faktor penunjang pertumbuhan pemerataan dan stabilitas perekonomian nasional.

"Untuk mempercepat laju pertumbuhan perdagangan luar negeri dan peningkatan daya saing pelaku bisnis, diperlukan LPEI yang lebih fleksibel dalam melakukan kegiatan usahanya, sehingga diperlukan deregulasi peraturan LPEI yang tidak mengacu pada industri perbankan dan lebih pro kepada UMKM," jelasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, OJK akan mengeluarkan kebijakan yang bersifat relaksasi atas beberapa prudential regulatian bagi LPEI, yakni dengan penghapusan ketentuan batas modal minimum agar LPEI lebih leluasa dalam melaksanakan tugasnya mendorong pelaku usaha yang berorientasi ekspor.

"Untuk mendorong pembiayaan UMKM, OJK akan menambah aturan mengenai batasan minimum penyaluran pembiayaan oleh LPEI kepada UMKM, sehingga dapat lebih mengoptimalkan peran LPEI dalam mendorong dan mengembangkan UMKM yang berorientasi ekspor," pungkasnya.


(ABD)