Jakarta Pusat Bersiap Hadapi Banjir

Damar Iradat    •    Rabu, 02 Dec 2015 20:58 WIB
banjir jakarta
Jakarta Pusat Bersiap Hadapi Banjir
Ilustrasi warga korban banjir di pengungsian. (Foto:Antara/Vitalis Yogi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Kota Jakarta Pusat bersiap menghadapi banjir yang diperkirakan terjadi pada Februari. Selain logistik, pemerintah menyiapkan empat kampung siaga bencana.
 
Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede mengatakan, berdasarkan hasil inspeksi mendadak ke gudang logistik di gedung Blok C lantai 1 Kantor Wali Kota Jakpus, logistik banjir siap didistribusikan.
 
"Setelah kita cek, kesiapan logistik sudah cukup, baik dari pakaian maupun seluruh peralatan kebutuhan lainnya," kata Mangara, Rabu (2/12/2015).
 
Selain itu, sejumlah logistik sudah didistribusikan ke empat lokasi kampung siaga bencana. Nantinya, saat puncak musim hujan tiba, kebutuhan logistik akan ditambah sesuai kebutuhan.
 
Menurut Mangara, saat ini Pemkot Jakpus memiliki delapan dapur mandiri dan empat kampung siaga bencana. Tempat itu yang dijadikan pusat pendistribusian logistik makanan maupun peralatan ke lokasi terdampak banjir.
 
Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat Susan Budi Susilowati mengatakan, logistik akan didistribusikan oleh 194 personel gabungan. Mereka terdiri dari Tagana, Karang Taruna dan pegawai negeri sipil (PNS).
 
"Dalam penyaluran logistik kita sudah dilengkapi sejumlah sarana seperti empat unit mobil rescue dan dapur umum, 19 unit tenda penampungan dan dapur umum, 24 velbed, 17 set peralatan dapur umum + gas dan satu gerobak motor," ungkapnya.


(FZN)