Emas Dunia Turun Jelang Pertemuan ECB

   •    Kamis, 03 Dec 2015 11:10 WIB
harga emas
Emas Dunia Turun Jelang Pertemuan ECB
Ilustrasi (AFP PHOTO/Diptendu DUTTA)

Metrotvnews.com, Chicago: Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange berakhir turun pada Rabu waktu setempat (Kamis pagi WIB), karena para pedagang mempersiapkan posisi mereka menjelang pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB).

Mengutip Antara, Kamis 3 Desember, kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Februari turun sebanyak USD9,7 atau 0,91 persen menjadi menetap di USD1.053,80 per ounce. USD menguat karena ECB mengisyaratkan bahwa bank akan memperlonggar lebih lanjut kebijakan moneternya pada pertemuan pekan ini.

Para analis percaya bahwa pedagang akan mengawasi laporan klaim pengangguran AS pada Kamis dan laporan ketenagakerjaan besar AS yang akan keluar pada Jumat, karena berita positif di salah satu laporan tersebut kemungkinan memastikan kenaikan suku bunga di pertemuan pengaturan kebijakan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada 15-16 Desember.

Sebuah laporan dari Automated Data Processing (ADP) menunjukkan peningkatan 217.000 yang jauh lebih baik dari perkiraan untuk gaji pada November, yang akan menandakan kesempatan lebih tinggi untuk kenaikan suku bunga The Fed pada Desember.

Menurut alat Fedwatch CMEGroup, probabilitas tersirat saat ini untuk kenaikan suku bunga pada pertemuan FOMC Desember adalah 75 persen. Analis yakin bahwa pasar sekarang telah sepenuhnya memperhitungkan ekspektasi kenaikan suku bunga pada Desember, dan bahwa pasar sekarang tak pasti kapan kenaikan suku bunga berikutnya, dari tingkat 0,50 ke tingkat 0,75, akan terjadi.

Perak untuk pengiriman Maret turun 7,4 sen atau 0,53 persen menjadi ditutup pada USD14,009 per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari turun USD3 atau 0,36 persen menjadi ditutup pada USD832,40 per ounce.


(ABD)