Freeport Minta Revisi PP 77 Tetap Dilakukan

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 03 Dec 2015 14:56 WIB
freeport
Freeport Minta Revisi PP 77 Tetap Dilakukan
Illustrasi. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa.

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Freeport Indonesia (PT FI) masih berharap revisi Peraturan Pemerintah 77 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara tetap dilaksanakan.

Juru Bicara Freeport Indonesia, Riza Pratama mengatakan, perusahaan pertambangan asal Amerika Serikat ini tetap meminta tolong kepada pemerintah untuk tetap merevisi PP 77 tahun 2014 karena berhubungan langsung dengan perpanjangan kontrak dan divestasi saham.

"Kepastian perpanjangan kontrak. Tentunya buat perusahaan yang paling penting adalah perpanjangan kontrak kita harapannya masih ada revisi," kata Riza di Komplek Parlementer, Senayan, Jakarta, Kamis (3/12/2015).

Dengan, direvisinya PP tersebut, Riza mengungkapkan, akan ada peluang perpanjangan izin Freeport yang akan habis pada 2021 untuk segera diperpanjang. Oleh sebabnya, pihaknya masih berharap sekali Pemerintah untuk merevisi PP tersebut.

Selain itu, Riza menambahkan, dalam PP 77 tersebut juga membahas terkait pelepasan saham (divestasi). Itu yang menjadi hal penting bagi Freeport mengapa perusahaan tambang emas ini sangat ngotot revisi PP tersebut.

"Kan di situ ada dua hal yakni (divestasi dan perpanjangan kontrak), menunggu konstruksi hukumnya (untuk divestasi)," ujar dia.

Apabila revisi PP tidak dilakukan oleh Pemerintah, pihak Freeport masih akan berusaha dengan cara membicarakan langsung dengan Pemerintah.

"Ya nanti kita ketemu, kan kita ada masih, dengan pemerintah terus bicara," pungkas dia.


(SAW)