Facebook Luncurkan Instant Articles di Indonesia

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 04 Dec 2015 09:45 WIB
facebook
Facebook Luncurkan Instant Articles di Indonesia
Instant Articles berfungsi untuk mempersingkat waktu untuk membuka halaman situs.

Metrotvnews.com: Facebook pertama kali memperkenalkan fitur Instant Articles pada bulan Mei lalu. Pada bulan November kemarin, Facebook meluncurkan fitur ini di India. Sekarang, Facebook meluncurkan versi beta dari Instant Articles di Indonesia.

Pada dasarnya, fitur ini berfungsi untuk mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk membuka sebuah halaman situs melalui perangkat mobile. Facebook mengklaim bahwa fitur Instant Articles dapat membuka halaman situs 10 kali lebih cepat.

Saat ini, dua pembuat konten yang telah setuju untuk menyajikan konten milik mereka melalui Instant Articles adalah Kompas dan Merdeka. Facebook juga menyebutkan 3 situs pembuat konten lainnya telah menandatangani perjanjian untuk bergabung dalam Instant Articles.



Untuk membedakan artikel yang menjadi bagian dari Instant Articles, Facebook akan menambahkan ikon petir pada artikel Instant Articles.

"Instant Articles dirancang berdasarkan masukan yang kami terima dari para penerbit," kata Andy Mitchell, Director of Global Media Partnerships, Facebook. Mitchell juga menyebutkan, melalui Instant Articles, para pembuat konten dapat menyajikan artikel yang mereka buat dengan cara yang lebih interaktif. 

Jika pengguna diuntungkan dengan waktu membuka halaman yang lebih cepat, Facebook menjelaskan, keuntungan yang akan didapatkan pada para pembuat konten adalah karena mereka dapat meletakkan iklan di artikel mereka.

Selain itu, para pembuat konten juga dapat menggunakan Audience Network milik Facebook untuk melakukan monetisasi dan juga mencari data maupun trafik situs melalui alat analitik mereka.

Sayangnya, saat ini, fitur ini hanya tersedia untuk iOS. Versi Android dari Instant Articles baru akan diluncurkan di tahun depan.


(MMI)