Zuckerberg Bantah Jual Saham untuk Hindari Pajak

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 05 Dec 2015 14:59 WIB
facebook
Zuckerberg Bantah Jual Saham untuk Hindari Pajak
Zuckerberg bersama Chan. (Andrew Gombert / EPA)

Metrotvnews.com: Menyambut kelahiran putrinya, Mark Zuckerberg, pendiri dan CEO Facebook memutuskan untuk menyumbangkan 99 persen saham perusahaannya untuk amal. Hal ini membuat Zuckerberg dipuji oleh banyak orang.

Meskipun begitu, tidak semua orang memuji keputusan Zuckerberg. Tidak sedikit orang yang menduga bahwa langkah Zuckerberg ini adalah untuk menghindari pajak. 

Karena itulah, Zuckerberg sekali lagi melakukan klarifikasi bahwa Chan-Zuckerberg Initiative adalah sebuah Limited Liability Company (LLC) dan bukan sebuah organisasi amal biasa.

Engadget menjelaskan, dengan membuat sebuah LLC, Zuckerberg dan Chan tidak dapat menghindari pajak. Satu-satunya saat mereka tidak diwajibkan untuk membayar pajak adalah saat mereka melakukan donasi untuk amal. Zuckerberg juga menjelaskan hal ini dalam sebuah post yang dia buat.

"Karena kami membuat sebuah LLC dan bukan yayasan amal biasa, kami tidak dapat menghindar membayar pajak karena melakukan transfer saham ke Chan Zuckerberg Initiative. Sebagai gantinya, kami akan mendapatkan kebebasan lebih untuk menyelesaikan misi kami," kata Zuckerberg.

Meskipun begitu, LLC tetap memiliki beberapa kelebihan dalam hukum dan pajak. Seperti yang disebutkan oleh The New York Times, jika Chan-Zuckerberg Initiative dituntut, maka aset pribadi Zuckerberg dan Chan tidak akan dihitung.

Selain itu, jika inisiatif ini mendapatkan untung, maka ia akan dianggap sebagai sebuah individu dan bukan perusahaan. Pasangan Zuckerberg dan Chan juga memiliki kontrol lebih akan sebuah LLC. Misalnya, mereka tidak harus menghabiskan 5 persen dari total nilai sebuah LLC seperti yang harus dilakukan oleh yayasan amal.

Mereka juga dapat menggunakan uang yang ada untuk mendukung seorang politisi atau menggunakan uang tersebut untuk melakukan investasi di startup yang berpotensi.

Untuk saat ini, pasangan Zuckerberg dan Chan menyebutkan, mereka ingin fokus pada penyembuhan penyakit, membuat semua orang saling terkoneksi dan membangun komunitas yang kuat.


(MMI)