KRL Gagas Rencana Integrasi dengan TransJakarta

Intan fauzi    •    Sabtu, 05 Dec 2015 12:28 WIB
krl
KRL Gagas Rencana Integrasi dengan TransJakarta
Penumpang KRL----MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Buat mempermudah penumpang KRL melanjutkan perjalanan selepas turun kereta di stasiun, PT KRL Commuter Jakarta (KCJ) akan mengintegrasikan pelayanan dengan bus TransJakarta. Rencana integrasi ini dilakukan dalam waktu dekat.

Direktur Utama PT KCJ, M.N.Fadhil mengatakan, pihaknya sudah membahas rencana tersebut. "Salah satu masukan yakni pembukaan rute-rute bus TransJakarta agar melewati stasiun-stasiun yang belum dilintasi koridor TransJakarta," kata Fadhil, sapaannya dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/12/2015).

Fadhil menjelaskan, rencana integrasi segera dimulai. Stasiun Tebet dan Manggarai bakal menjadi stasiun terintegrasi pertama. Fadhil menyebut, dua stasiun tersebut punya infrastruktur yang memungkinkan TransJakarta buat membangun halte dan menempatkan kendaraan.

Guna mempermudah pembayaran, Fadhil menyarankan, tiket berlangganan Kartu Multi Trip (KMT) dapat digunakan di TransJakarta. Sebab, jumlah pengguna KRL mencapai 800 ribu per hari.

"Jika diintegrasikan, KMT dapat menjadi alat bayar di Transjakarta. Ini akan sangat memudahkan penumpang KRL yang akan menggunakan TransJakarta", lanjut Fadhil.

Dia pun berharap, rencana tersebut dapat mengakomodir layanan transportasi bagi pengguna KRL. Sebab saat ini, jumlah penumpang KRL naik pesat.

"Kebutuhan kendaraan pengumpan dari TransJakarta pada sejumlah stasiun KRL dianggap tepat jika melihat pertumbuhan penumpang KRL yang sangat pesat," tegas dia.


(TII)