Grand Launching SIM Online

SIM Online Minimalisir Penggunaan Uang Kertas

Dheri Agriesta    •    Minggu, 06 Dec 2015 10:01 WIB
sim online
SIM Online Minimalisir Penggunaan Uang Kertas
Pelayanan pembayaran SIM Online yang disiapkan oleh Bank Rakyat Indonesia, minimalisir penggunaan uang kertas. MTVN/M Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Korps Lalu Lintas Polisi Republik Indonesia (Korlantas Polri) bersama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) meluncurkan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online. Peluncuran SIM Online, berlangsung secara besar-besaran di Parkir Timur, Senayan, Jakarta pada hari ini Minggu, 6 Desember.  

Ada beberapa tujuan besar dari SIM Online ini, yaitu pembayaran dengan sistem terbaru bisa menghemat penggunaan uang kertas.

"Sekarang dengan sistem yang ada itu bisa menggunakan non cash, dengan kartu yang dimiliki nasabah BRI," kata Direktur Utama BRI Asmawi Syam di Parkir Timur, Senayan, Jakarta pagi ini.

Asmawi mengatakan, kerja sama pengelolaan pembayaran SIM antara BRI dan Kakorlantas Polri telah berjalan sejak dulu. Asmawi menyebutnya sebagai kerja sama generasi kedua. Kerja sama generasi pertama, kata dia, BRI membangun 439 kantor kas di Polres seluruh Indonesia. Saat itu, masyarakat yang hendak mengurus pembuatan atau perpanjangan SIM membayar uang langsung di tempat yang disediakan.

Generasi kedua ini, dapat melakukan perpanjangan di mana pun. Perpanjangan tak perlu dilakukan di daerah asal, tempat SIM pertama kali dibuat. Selain itu, dengan SIM online ini, juga dapat mengurangi penggunaan uang kertas.

"Kita harapkan bagaimana masyarakat Indonesia masuk ke era cashless society. Indonesia baru 30 persen menerapkan ini, sedangkan Eropa sudah 60 persen," kata dia.

Asmawi menjamin, dengan mekanisme pembayaran SIM Online generasi kedua berbagai kecurangan dapat dikurangi. Sebab, segala biaya yang harus dibayar masyarakat telah terdata di dalam sistem. "Jadi sebenarnya penggunaan teknologi ini bagaimana memudahkan, membuat transparan dan membuatnya jadi efisien," kata dia.

Nasabah BRI pun diuntungkan dengan mekanisme SIM Online. BRI yang menjadi mitra Kakorlantas Polri memberikan kemudahan kepada nasabahnya untuk mengurus pembuatan maupun perpanjangan SIM.

"Secara langsung atau tidak langsung, dimanfaatkan nasabah kami dari daerah. Karena beberapa orang di daerah akan kesulitan melakukan perpanjangan kalau mereka ada di pusat," pungkasnya.


(UDA)