Google Luncurkan Layanan Pengawas Situs Cloud Security

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 07 Dec 2015 09:12 WIB
google
Google Luncurkan Layanan Pengawas Situs Cloud Security
Google Cloud Security Scanner telah tersedia untuk umum.

Metrotvnews.com: Google Cloud Security Scanner, layanan keamanan App Engine yang diluncurkan Google Oktober lalu, telah tersedia untuk umum. Sebelumnya layanan ini hadir dalam versi beta, yang diluncurkan pada Februari lalu.

Mathew O'Connor, Product Manager Google, menjelaskan layanan ini dapat mendeteksi permasalahan seperti cross-site scripting (XSS), Mixed Content, dan Flash Injection atau memberitahukan penggunaan perpustakaan Javascript tidak aman.

Berbeda dengan layanan serupa dari Amazon dan Microsoft, Google memilih untuk terfokus pada penawaran platform sebagai layanan atau PaaS. Saat ini, platform Google ini tidak dilengkapi dukungan untuk infrastruktur Google AppEngine sebagai layanan atau IaaS.

Platform Google ini disebut mampu memberitahukan kelemahan software tiap kali versi terbaru diluncurkan. Platform ini juga disebut memudahkan pengembang menguji pemindai keamanan aplikasi situs sebagai cara untuk mengurangi pengujian keamanan secara manual.

Pemindai keamanan aplikasi situs yang tersedia disebut tidak seluruhnya sesuai untuk pengembang Google App Engine. Pengaturan pemindai ini disebut sulit untuk diatur, tidak akurat, boros waktu, dan ditujukan untuk keamanan profesional, bukan pengembang.

Meski tidak dikenakan biaya saat menggunakan Cloud Security Scanner, pengguna akan dibebankan biaya untuk penggunaan platform App Engine. Selama pengujian, pengguna akan dikenakan biaya untuk penggunaan bandwith, panggilan API dan layanan lain yang digunakan situs.

Google akan menghentikan pemindai setelah 100 ribu permintaan pengujian untuk memperkecil beban biaya.


(MMI)