Polda Metro Jaya Ikut Tertibkan Metromini Usang

LB Ciputri Hutabarat    •    Senin, 07 Dec 2015 16:16 WIB
kecelakaan kereta
Polda Metro Jaya Ikut Tertibkan Metromini Usang
Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian. Foto: Adam Dwi/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Polda Metro Jaya melalui Direktorat Lalu Lintas bakal ikut menertibkan bus Metromini yang tak layak pakai karena usia. Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian mengungkapkan Metromini yang menyebabkan polusi berlebihan akan ditertibkan.

"Tadi juga Pak Gubernur minta kepada kita. Nanti akan kita tertibkan Metromini yang mengeluarkan asap hitam akan kita hentikan," kata Tito di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (7/12/2015).

Tak hanya itu, Polda juga diminta Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama membantu dalam pemeriksaan surat uji kendaraan bermotor. Nantinya, Polda akan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"KIR juga bakal kita tertibkan. Itu perintah beliau langsung. Polda akan membantu. Razia di terminal akan tetap rutin kita lakukan," ucap Tito.

Sementara melakukan sejumlah tindakan pencegahan, Tito juga menjamin proses hukum insiden ini bakal tetap dilanjutkan. Polisi akan mencari langsung pemilik ataupun pengelola dari metromini tersebut.

"Kita lihat cara perusahaan merekrut sopirnya. Kalau memang ini perusahaan atau perorangan ada indikasi (kelalaian) semua akan digugat oleh Pak Gubernur," tandas Tito.

Minggu 6 Desember, Metromini tertabrak dan terseret KRL di Muara Angke, Jakarta Barat. Sebanyak 18 orang tewas dalam insiden tersebut. Dugaan sementara, kecelakaan terjadi karena Metromini Kali Deres-Grogol tersebut menerobos palang pintu rel kereta api. 


(KRI)