KPU Siap 90 Persen Gelar Pilkada di Jatim

Amaluddin    •    Senin, 07 Dec 2015 16:54 WIB
pilkada serentak
KPU Siap 90 Persen Gelar Pilkada di Jatim
Logistik Pilkada Sumenep 2015 siap dikirim ke ribuan TPS, MTVN - Agus Josiandi

Metrotvnews.com, Surabaya: KPU Jawa Timur mengklaim persiapan pemilihan di 19 kabupaten/kota di provinsi itu mencapai 90 persen. Dengan kata lain, KPU siap menghelat pemilihan suara serentak pada 9 Desember 2015.

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito, mengatakan pekerjaan petugas kini fokus pada pengiriman logistik dari Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) ke petugas pemungutan suara (PPS). Kemudian, logistik dikirim ke tempat pemungutan suara (TPS).

"Saat ini semua logistik sudah ada di PPK dan sebagian juga sudah didistribusikan ke PPS," kata Eko, di Surabaya, Senin (7/12/2015).

Eko mengakui tak menemui masalah dalam pendistribusian logistik Pilkada. "Sekarang tinggal pelaksanaan sesuai dengan tahapan," katanya.

Distribusi logistik ke wilayah terjauh pun, kata Eko, sudah beres. Misalnya Sumenep pada 28 November dan Pulau Bawean, Gresik, pada 25 hingga 26 November.

"Tidak ada kesulitan pengiriman, karena cuaca sedang bagus saat pendistribusian logistik. Untuk wilayah terjauh Pacitan juga sudah selesai dilakukan," ujarnya.

Pada 9 Desember mendatang, 19 kota dan kabupaten di Jawa Timur akan menggelar pilkada serentak, yakni Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Ngawi, Kota Surabaya, Kota Pasuruan, Kabupaten Lamongan, Kota Blitar, Kabupaten Jember, Kabupaten Malang, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Kediri, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Tuban, Kabupaten Gresik, Kabupaten Blitar, dan  Kabupaten Pacitan.


(RRN)