Mentan Tantang PPL Penuhi Target 9 Juta Ha Lahan Tanam

Eko Nordiansyah    •    Senin, 07 Dec 2015 18:09 WIB
panen raya
Mentan Tantang PPL Penuhi Target 9 Juta Ha Lahan Tanam
Mentan (ANTARA FOTO,Dedhez Anggara).

Metrotvnews.com, Tangerang: Kementerian Pertanian (Kementan) telah mencanangkan penambahan hingga 9 juta hektare (Ha) lahan tanam hingga Oktober 2016. Hal tersebut guna mencapai swasembada pangan yang ditargetkan pemerintah.

Untuk itu, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menantang para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Tanaga Harian Lepas (THL) mencapai target tersebut. Jika berhasil, Mentan akan mengangkat mereka menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Kita harus lebih tinggi lagi mencapai luas tanam.  Siap tanggung risiko jika capaian 9 juta tak capai target maka kamu (Ketua PPL) yang paling duluan tidak lulus menjadi PNS," tegas Amran di Desa Rawakidang, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang, Senin (7/12/2015).

Dirinya menambahkan, pemerintah telah memberikan bantuan mulai dari perbaikan infrastruktur pertanian dengan 2 juta lebih irigasi, dan 8 ribu unit alsintan. Bahkan alsintan akan dinaikan menjadi 100 ribu unit pada tahun depan untuk dapat capaian target swasembada pangan.

Oleh karena itu, Amran menegaskan hanya mengangkat PNS yang benar-benar memiliki kualitas dan mau bekerja sepenuh hati. Sehingga, apabila tidak mampu memenuhi target 9 juta Ha lahan tanam, maka para PPL jangan berharap mampu naik tingkat menjadi PNS.

"Harus fair kita sekarang. Sehingga jika gagal ya terima resikonya.Semoga tahun depan, kita semua bisa capai swsembada pangan dan produksi beras bisa meningkat," pungkas dia.



(SAW)