5 Momen yang Paling Banyak Dibicarakan di Twitter Sepanjang 2015

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 07 Dec 2015 20:20 WIB
twitter
5 Momen yang Paling Banyak Dibicarakan di Twitter Sepanjang 2015
Inilah beberapa momen penting yang dibicarakan di Twitter. (AFP PHOTO / EMMANUEL DUNAND / FILES)

Metrotvnews.com: Twitter ingin agar media sosialnya jadi sumber informasi real-time untuk para penggunanya. Tahun ini, tampaknya mereka berhasil mencapai hal itu karena banyak kejadian penting yang terjadi di Indonesia yang menjadi bahan pembicaraan di Twitter, mulai dari perayaan, berita terhangat, isu nasional hingga berita mengenai dunia hiburan.

Berdasarkan data yang didapatkan oleh Twitter, gelar Golden Tweet didapatkan oleh Raffi Ahmad. Tweet miliknya saat menunjukkan rasa duka citanya atas meninggalnya Olga Syahputra, berhasil mendapatkan retweet hingga hampir 44.000 kali.



Sementara itu, tweet itu berhasil mendapatkan tweet impression  (jumlah berapa kali sebuah tweet dilihat), sebanyak hampir 3 juta.

Inilah beberapa momen yang paling banyak diperbincangkan di Twitter selama tahun 2015.



Tweet menyangkut bulan Ramadan berjumlah lebih dari 8,4 miliar, 20 persen diantaranya berasal dari Indonesia.

Saat terjadi kebakaran hutan di Kalimatan dan Riau, banyak netizen yang menunjukkan rasa simpatinya melalui Twitter. Selain itu, Twitter juga digunakan sebagai alat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya kebakaran. Berbagai tagar seperti #MelawanAsap, #daruratasap, #saveKalimantan dan #saveRiau pun menjadi banyak digunakan.

Topik Piala Presiden juga merupakan salah satu momen yang mendapatkan paling banyak tweet, yaitu sebanyak lebih dari 1,3 juta. Puncak percakapan terjadi di babak final. 

Meninggalnya Olga Syahputra juga berhasil menjadi topik hangat. Topik ini berhasil menjadi percakapan nasional dan mengumpulkan hingga 730.000 tweet dengan tagar #RIPOlgaSyahputra.

Tagar #SaveKPK sempat menjadi trending topic dunia nomor satu selama satu hari saat berita penangkapan Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto muncul. Topik ini berhasil mendapatkan 600.000 tweet dengan tweet impression sebanyak 9 juta dalam satu hari.

Dan inilah akun yang memiliki paling banyak follower alias pengikut.



(MMI)