Hari Ini, Pembangkit Listrik Terapung Pertama Diresmikan

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 08 Dec 2015 13:42 WIB
listrikpembangkit listrik
Hari Ini, Pembangkit Listrik Terapung Pertama Diresmikan
Kapal Karadeniz Poweship Zeynep Sultan (Foto: MTVN/Annisa Ayu Artanti)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapal Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Karadeniz Powership Zeynep secara resmi ditugaskan untuk menjadi solusi defisit listrik di beberapa daerah di Indonesia. Diharapkan, dengan keberadaannya mampu menjaga ketersediaan listrik di waktu-waktu mendatang.

Pembangkit listrik terapung dengan kapasitas 120 megawatt (MW) ini akan diberangkatkan hari ini, Selasa 8 Desember 2015, dari Pelabuhan Tanjung Priok oleh Presiden Joko Widodo.

Kapal yang dinamai Karadeniz Poweship Zeynep Sultan ditugaskan untuk memperkuat kelistrikan di beberapa lokasi di Indonesia, salah satunya Gorontalo dan Sulawesi Utara yang terhubung dalam sistem interkoneksi kelistrikan 150 kilo Volt (kV) Sulawesi Utara-Gorontalo.

Kapal Zeynep Sultan akan menjadi kapal pembangkit listrik pertama yang pernah dioperasikan Indonesia, dimulai dari Amurang (Manado) bulan depan.

Menurut informasi yang didapatkan Metrotvnews.com, Presiden Joko Widodo rencananya akan meresmikan kapal Zeynep Sultan bersama Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir, dan perwakilan dari pemerintah dan investor Turki, hari ini, pukul 13.00 WIB.


(ABD)