Jokowi: Kapal MVPP Solusi Cepat Atasi Defisit Listrik

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 08 Dec 2015 18:13 WIB
pln
Jokowi: Kapal MVPP Solusi Cepat Atasi Defisit Listrik
Jokowi saat konferensi pers di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/11/2015). MTVN/Annisa Ayu Artanti

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menyatakan kapal Marine Vessel Power Plant (MVPV) merupakan solusi tercepat untuk mengatasi krisis listrik di beberapa wilayah Indonesia.

"Setiap saya ke daerah selalu keluhannya kurang listrik, krisis listrik, mati lampu," ungkap Jokowi saat konferensi pers di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/11/2015).

Oleh karena itu, Jokowi mengatakan pembangkit listrik terapung asal Turki ini akan melengkapi megaproyek 35.000 megawatt (mw). 

"Selain program 35.000 mw diperlukan, ini (kapal pembangkit) yang cepat mengatasi itu," kata dia.

Jokowi juga sempat menjelaskan, Indonesia telah memesan lima kapal serupa kepada Turki. Satu kapal sudah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok dan segera diberangkatkan menuju Amurang, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara. 

Sementara untuk empat kapal lainnya, Jokowi mengungkapkan, belum tiba dan akan tiba di pertengahan 2016. Jokowi juga menyebutkan, kapal-kapal itu nantinya akan banyak ditugaskan untuk mengatasi defisit listrik di wilayah Indonesia Timur.

"Paling banyak kami luncurkan ke wilayah timur Indonesia dan ada yang ke Sumatera Utara," tutup dia.

Sebagai informasi, untuk kapal yang ditugaskan untuk mengatasi listrik di Medan berkapasitas 240 mw kemudian untuk Kupang, Ambon, dan Lombok masing-masing berkapasitas 60 mw.


(SAW)