Dominasi Percakapan, Alasan Riza Chalid Wajib Dipanggil

M Rodhi Aulia    •    Selasa, 08 Dec 2015 22:16 WIB
pencatut nama presiden
Dominasi Percakapan, Alasan Riza Chalid Wajib Dipanggil
Presdir Kidzania Jakarta M Riza Chalid memberikan sambutannya pada acara Sponsor Gathering Kidzania Jakarta, di Jakarta Rabu (8/11/2006),--Foto: MI/Adam DP

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengusaha Muhammad Riza Chalid tampak mendominasi dalam percakapan kontroversial dengan Ketua DPR Setya Novanto dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin. Sikap dominan itu menjadi alasan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) wajib menghadirkan Riza dalam sidang mendatang.

"Karena dia dominan berbicara dan justru beliau yang katakan tentang pembagian saham. Makanya saya minta yang namanya Muhammad Riza Chalid dihadirkan," kata Wakil Ketua MKD Junimart Girsang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/12/2015).

Keinginan Junimart itu semakin menguat, setelah mendengar keterangan dari Setya Novanto sebagai teradu. Junimart berharap dengan adanya keterangan dari Riza akan membuka tabir, siapa sebenarnya pelaku atau inisiator pertemuan tiga orang anak manusia tersebut dan berujung pada dugaan pembicaraan permintaan saham.

"Hanya beliau yang bisa mengungkapkan tentang peristiwa dan inisiasinya," ujar dia.

Bahkan, kata Junimart, bisa saja dari keterangan Riza nanti akan ada sejumlah saksi yang akan dihadirkan di sidang MKD. Namun, itu semua menunggu keterangan jujur dari seorang pengusaha seperti Riza.

Junimart memahami keinginan MKD secara lembaga yang memilih menunggu uji forensik alat bukti yang dimiliki pengadu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said dan saksi Maroef. Alat bukti berupa rekaman itu sengaja dibawa ke forensik untuk membuktikan keabsahan dan keasliannya.

"Setelah uji forensik, kita lakukan pemanggilan Riza. Kami tidak mau tahu (posisi Riza sekarang). Mau shooting kek, kemana kek, kami akan panggil," pungkas Junimart.


(AZF)