DPD RI Ikut Pantau Pilkada

Mulvi Muhammad Noor    •    Selasa, 08 Dec 2015 23:12 WIB
pilkada serentak
DPD RI Ikut Pantau Pilkada
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Bogor: Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) akan ikut memantau daerah-daerah yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada), Rabu, 9 Desember, besok. Pemantauan dilakukan setiap anggota DPD di daerah pemilihan masing-masing.

Wakil Ketua DPD RI, Farouk Mohammad, mengatakan seluruh anggota DPD RI dipastikan sudah kembali ke daerah masing-masing pada hari pencoblosan. Mereka akan memonitor dan mencari informasi terkait kualitas penyelenggaraan pilkada.

"Informasinya terkait penyelenggaranya, pemainnya (peserta) termasuk pengamanannya," kata Farouk kepada Metrotvnews.com saat menghadiri talk show DPD Goes to Campus, di Institut Pertanian Bogor, Selasa (8/12/2015).

Berdasarkan catatannya, terdapat beberapa daerah yang menjadi sorotan dan dikhawatirkan kondisinya memanas. Ia pun mencatat ada sejumlah daerah yang belum menyalurkan anggaran pengawasan pilkada.

Pemetaan daerah rawan versi Farouk ini dilihat dari tingkat persaingan antarpasangan calon. Atmosfer persaingan di daerah yang memiliki satu dan dua pasangan dikhawatirkan akan lebih memanas dan berujung konflik

"Seperti di dapil saya di NTB. Ada Bima dan Lombok Tengah yang menjadi sorotan. Oleh karena itu kami minta kepada pemerintah dan penegak hukum untuk memperhatikan hal ini," kata mantan  Kapolda Maluku ini.


(UWA)