Di 'Kandang' Risma, Nyaris 40% Pemilih tak Datangi TPS

Amaluddin    •    Rabu, 09 Dec 2015 18:00 WIB
pilkada serentak
Di 'Kandang' Risma, Nyaris 40% Pemilih tak Datangi TPS
Calon Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kiri) dan lawannya, Rasiyo (kanan). (Metrotvnews.com/Amaluddin)

Metrotvnews.com, Surabaya: ‎Jumlah warga yang tak menggunakan hak pilih di TPS domisili Tri Rismaharini cenderung tinggi. Bahkan, angkanya hampir mencapai 40 persen.

Jumlah DPT di TPS 01, di Kelurahan Jajaran Tunggal, Taman Pondok Indah, Surabaya‎, tercatat 685 pemilih. Namun, di TPS tempat Risma mencoblos itu, hanya 428 pemilih yang memberikan suara. Sementara, 257 pemilih atau 38 persen dari DPT setempat memilih tak memberikan suara.

‎"Suara tidak sah ada lima. Dari 685 jumlah pemilih, yang tidak datang ke TPS sebanyak 257 pemilih," kata Haryanto, dihubungi Metrotvnews.com, Rabu (9/12/2012).

Dari jumlah tersebut, pemilih laki-laki sebanyak 339 pemilih. Sementara pemilih perempuan yang tidak ke TPS sebanyak 346 orang.

Haryanto menyayangkan karena tingginya masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya. Padahal, kata dia, pihaknya sudah berupaya melakukan sosialisasi ke masyarakat.

‎"Dari 685 total pemilih, jumlah yang hadir 428 pemilih. Sementara 257 pemilih golput," katanya.

Pagi tadi, Tri Rismaharini den keluarga mencoblos di TPS 01 tersebut. Risma datang ke TPS berjalan kaki sembari menyapa warga di sepanjang jalan serta mengajak untuk datang ke TPS memberikan suara di Pilkada Kota Surabaya.

Sementara, hasil hitung cepat Indo Barometer yang bekerja sama dengan Metro TV, pasangan Risma dinyatakan unggul. Pasangan Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana mendapat 85,63 persen, sedangkan pasangan calon nomor urut 1 Rasiyo-Lucy Kurniasari mendapat 14,37 persen.


(SAN)