Ahok Sudah Ramalkan Sang Adik Kalah di Pilkada Belitung Timur

LB Ciputri Hutabarat    •    Kamis, 10 Dec 2015 11:41 WIB
pilkada serentak
Ahok Sudah Ramalkan Sang Adik Kalah di Pilkada Belitung Timur
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Foto: Reno Esnir/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku sudah meramalkan nasib adiknya Basuri Tjahaja Purnama kalah di Pilkada Belitung Timur. Ahok, sapaan Basuki, menilai usaha Basuri menarik hati masyarakat belum maksimal.

"Saya sudah dari awal bilang sama dia bahwa dia kemungkinan bisa kalah karena imbang-imbang saja. Kalau kamu seorang petahana, disurvei dan popularitas kamu di bawah 50 persen itu masalah kamu," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (10/12/2015).

Sebelum mengikuti Pilkada, Ahok sempat berpesan kepada Basuri untuk memperbaiki sejumlah fasilitas umum dan pelayanan publik. Beberapa di antaranya adalah fasilitas rumah sakit di Belitung Timur.

Ahok pun menasihati Basuri untuk menambah pendingin ruangan agar pasien merasa nyaman. "Nah saya beberapa kali pulang, saya lihat AC-nya rusak, rumah sakit depan kotor enggak di conblok," aku Ahok.

Ternyata benar saja, dalam hasil hitung cepat, Basuri gagal kembali menduduki jabatan Bupati di Belitung Timur. Kendati demikian, Ahok mengaku puas dengan persentase partisipasi masyarakat sebesar 78,7 persen.

Angka ini, ucap Ahok, dapat diartikan sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap calon pemimpinnya. Sebab, pada masa Ahok mengikuti pemilihan, tingkat partisipasi rendah.

"Betul (kalah), tapi masih jauh gitu loh. Tapi saya kira bagus, artinya warga Belitung Timur ini partisipasi tinggi. Terus kedua, mereka sekarang mulai bermain lebih halus," ungkap dia.

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan hitung cepat lembaga survei Cyrus Network, Basuri dikalahkan kakak pengacara Yusril Ihza Mahendra, Yuslih Ihza Mahendra.

Yuslih yang berpasangan dengan Burhanudin, sebagai calon Wakil Bupati Belitung, meraih 51,71 persen suara. Sementara Basuri bersama pasangannya Fezzi Uktoseja memperoleh 31,81 persen. Pasangan lainnya, Usmandie Andeska-Musdiyana mendapat 16,48 persen. 


(KRI)